Belajar Tanpa Sekolah, Bisakah?

Belajar tanpa sekolah

Mungkin ada sebagian orang yang tidak sekolah karena masalah keuangan atau apa. Atau mungkin karena sekolahnya tidak sesuai apa yang kita inginkan. Semisal, keinginannya sih masuk SMA jurusan IPA, eh ternyata masuknya SMK. Hal ini membuat kita yang sebenarnya ingin mempelajari suatu bidang ilmu, malah dihambat karena masalah uang atau masalah jurusan.

Banyak diluar sana yang sekolah malah hanya untuk main-main, menghabiskan uang jajan, dan untuk sarana hiburan lainnya. Tapi ada orang-orang yang benar-benar ingin mencari ilmu malah berakhir tidak sekolah atau salah jurusan.

Hidup memang penuh rintangan (tapi bukan berarti tidak ada solusinya).

Saya akan berbagi sedikit cara belajar bagi Anda-Anda yang tidak sekolah, atau bisa juga digunakan untuk mempelajari sesuatu yang tidak dipelajari di sekolah.

Manfaatkan Facebook dan Sosial Media Lainnya

Punya facebook, jika Anda ingin mempelajari bidang yang Anda sukai, coba manfaatkan akun facebook Anda. Semisal, Anda pecinta MTK, ya gabung dengan grup MTK di facebook, coba saling berbagi di sana. Atau kalau lebih enak, buat akun facebook baru, dan cari teman yang berasal dari grup-grup yang Anda suka (usahakan teman yang memiliki keahlian). Pasti tiap Anda buka facebook, Anda akan disuguhi berbagai status/post yang berisikan pengetahuan yang Anda suka.

Biar kata hanya facebookan, setidaknya itu bisa menambah pengetahuan Anda. Apalagi jika Anda sudah bisa mengikuti pembahasan-pembahasan yang ada.

Manfaatkan Forum Online

Sering-sering saja buka kaskus dengan tema yang sesuai dengan bidang yang Anda suka. Informasi disana akan terlihat lebih terstruktur, karena konsepnya adalah forum. Kalau media sosial, mungkin pembahasannya sedikit lebih dibatasi dan cepat menghilang.

Di forum, kamu bisa mencari informasi-informasi yang dibutuhkan, ditambah dengan komentar-komentar yang berbobot.

Manfaatkan Search Engine (Google, Yahoo, Bing)

Coba sering-sering search berbagai informasi di google. Usahakan bookmart situs-situs yang berbobot seperti Wikipedia, BBC, dan NatGeo. Namun tergantung apa yang dicari juga, kalau hanya sebatas resep makanan, di situs apapun juga bukan masalah, karena langsung dipraktekan. Saya menyarankan ambil sumber dari wikipedia, jurnal, atau situs edukasi kalau yang Anda pelajari adalah pengetahuan sains (yang tidak dipraktekan langsung), misalnya pengetahuan tentang evolusi.

Kalau hanya sekedar tutorial PC, Hp, dan alat elektronik. Di blog manapun juga bukan masalah.

Manfaatkan Youtube

Sering buka youtube, di youtube pasti banyak tutorial-tutorial yang bisa Anda pelajari dan sekaligus dipraktekan. Channel-channel yang saya ikuti di youtube itu seperti NatGeo Wild, BBC earth, dan channel lainnya yang membahas tentang hewan. Umumnya channel yang saya pilih adalah channel yang berbahasa inggris.

Namun banyak juga channel hiburan dari indonesia yang bagus-bagus. Usahakan juga buat dua akun, yang satu untuk hiburan yang satu untuk memfokuskan pada apa yang ingin Anda pelajari.

Manfaatkan E-book

Di internet banyak bertebaran ebook-ebook yang gratis maupun berbayar. Bahkan ebook-ebook dari buku-buku sekolah, baik dari SMA maupun SMK. Silahkan download ebook yang menurut Anda bermanfaat. Banyak juga ebook dari buku-buku terkenalkan (namun dalam bahasa inggris).

Beli Buku

Kalau hanya ebook, rasanya kurang puas. Coba cari buku-buku di gramedia, sesuai dengan apa yang ingin Anda pelajari. Saya sendiri membeli buku sains, seperti the origin of spesies, the selfish gen dan sapiens. Ya, karena saya tertarik dengan pengetahuan mengenai evolusi.

Fokus dan Jangan Setengah-setengah

Kalau Anda ingin mempelajari sesuatu, usahakan bisa fokus terhadap sesuatu tersebut. Jangan hanya karena hal-hal kecil saja Anda menjadi malas (seperti karena berhenti sekolah atau apa).

Saran saya sih, jadikan ilmu yang akan Anda pelajari sebagai hiburan. Dengan sendirinya Anda akan selalu ingin belajar, belajar dan belajar. Karena itu adalah hiburan Anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »