Lini Masa Sejarah Evolusi Kehidupan di Bumi

Lini masa sejarah evolusi kehidupan di bumi

Evolusi, sebuah proses yang mendasari keanekaragaman makhluk hidup yang ada sekarang. Dalam sejarah evolusi kehidupan, kita akan menemui berbagai peristiwa-peristiwa terkenal seperti ledakan kambria, punahnya dinosaurus, evolusi mamalia, dan evolusi hewan-hewan lainnya.

Lini Masa Sejarah Evolusi Kehidupan di Bumi

Ma, berarti "Juta tahun yang lalu" dan Ka, berarti "Ribu tahun yang lalu".

  1. Hadean Eon
  2. Archean Eon
  3. Proterozoic Eon
  4. Phanenozoic Eon

Hadean Eon

4600 Ma
Planet bumi terbentuk dari cakram akselerasi dan senyawa organik.

4500 Ma
Dihipotesiskan bahwa planet theia menabrak bumi dan mengakibatkan terbentuknya bulan. Adanya bulan membuat kondisi yang memungkinkan untuk terjadinya proses abiogenesis.

4404 Ma
Munculnya air dalam bentuk cair di bumi.

4280 Ma
Munculnya kehidupan awal di bumi.

Archean Eon

4100-3800 Ma
LHB (Late heavy bombardment), sebuah peristiwa ribuan meteoroid yang menghujani bumi. Sisa kehidupan biotik juga ditemukan di batuan berumur 4,1 miliar tahun di Australia Barat.

3900-2500 Ma
Sel yang mirip prokariota muncul di bumi. Organisme pertama ini adalah kemoautotrof. Mereka menggunakan karbon dioksida sebagai sumber karbon dan mengoksidasi bahan anorganik untuk mengekstrak energi. Kemudian prokariota mengembangkan glikolisis, satu set reaksi kimia yang membebaskan energi dari molekul organik seperti glukosa dan menyimpannya dalam bentuk ATP. Glikolisis dan ATP terus digunakan sampai saat ini.

3800 Ma
Bebatuan di Formasi sabuk greenstone dari kompleks isua di kawasan barat Greenland menunjukkan frekuensi isotop. Hal tersebut menunjukkan adanya kehidupan.

3500 Ma
Munculnya LUCA (Last Universal Common Ancestor), yang menjadi moyang seluruh bentuk kehidupan yang diketahui di bumi. Setelahnya, terjadi perpisahan antara bakteria dan arkhaea. Bakteri mengembangkan bentuk primitif dari fotosistesis, yang pada awalnya tidak menghasilkan oksigen.

3000 Ma
Cyanobakteria mengembangkan fotosintesis, mereka menggunakan air sebagai zat pereduksi, sehingga menghasilkan oksigen sebagai produk limbah. Oksigen pada awalnya mengoksidasi besi terlarut di lautan. Konsentrasi oksigen di atmosfir perlahan naik, oksigen pada masa ini bertindak sebagai racun bagi bakteri, dan memicu Great Oxygenation Event.

Proterozoic Eon

2500 Ma
Great Oxygenation Event terjadi, penyebab utamanya adalah fotosintesis dari cyanobakteria.

1850 Ma
Sel eukariotik pertama muncul. Sel eukariotik mengandung organel yang terikat dengan membran, organel ini memiliki fungsi yang beragam. Diperkirakan organel merupakan prokariota yang bersimbiosis dengan prokariota yang lebih besar (melakukan endosimbiosis).

1400 Ma
Peningkatan keanekaragaman stomatolit.

1200 Ma
Meiosis dan reproduksi seksual hadir dalam eukariota bersel satu, dan mungkin pada nenek moyang bersama eukariota. Seks meningkatkan keanekaragaman individu dalam suatu populasi.

800 Ma
Organisme multiseluler akhirnya muncul.

750 Ma
Munculnya protozoa pertama.

850-630 Ma
Glasiasi besar-besaran mungkin telah terjadi. Diperkirakan kedalam 2 hipotisis, menurunkan keanekaragaman hayati atau meningkatkan laju evolusi.

600 Ma
Akumulasi oksigen di atmosfer, dan memungkinkan pembentukan lapisan ozon. Sebelum itu, kemungkinan kehidupan terestrial menggunakan senyawa lain untuk mengurangi radiasi ultraviolet.

580-542 Ma
Biota ediakara mewakili organisme multiseluler dan kompleks pertama.

580-500 Ma
Sebagian besar filum hewan modern muncul pada peristiwa yang dikenal sebagai ledakan kambria.

560 Ma
Munculnya jamur pertama.

550 Ma
Bukti fosil pertama untuk Ctenophora (sisir jeli), Porifera (spon), Anthozoa (anemon laut).

Phanerozoic Eon

535 Ma
Diversifikasi utama makhluk hidup di lautan: Chordata, arthropoda (trilobita, krustasea), echinordermata, moluska, brachiopoda, foraminifer dan radiolarian.

530 Ma
Jejak kaki pertama dari hewan darat telah ditemukan. Kemungkinan eksplorasi hewan purba telah mendahului pengembangan tanaman darat.

525 Ma
Munculnya graptolites awal.

510 Ma
Munculnya cephalopoda pertama, seperti nautilus dan siton.

505 Ma
Fosilisasi Burgess Shale.

485 Ma
Vertebrata dengan tulang sejati pertama (ikan tanpa rahang).

450 Ma
Munculnya conodont pertama dan echinoid pertama.

440 Ma
Ikan agnathan pertama: Heterostraci, Galeaspida, dan Pituriaspida.

434 Ma
Munculnya tanaman primitif pertama di darat, tanaman berevolusi dari alga hijau yang hidup di sepanjang tepi danau. Munculnya tanaman, diikuti oleh jamur.

420 Ma
Munculnya ikan bersirip lobus pertama, trigonotarbid arachnida, dan kalajengking tanah.

410 Ma
Munculnya ikan dengan gigi pertama. Munculnya nautilida awal, lycophytes, dan trimerophytes.

395 Ma
Ditemukannya jejak kaki hewan tetrapoda. Munculnya tungau, hexapod dan ammonoid.

363 Ma
Pada periode ini (karboniferus), bumi mulai menyerupai keadaan saat ini. Serangga menjelajahi daratan dan berterbangan, hiu di laut berperan sebagai predator puncak, tanaman terus berkembang di darat. Lalu hewan tetrapoda juga mengembangkan adaptasinya untuk hidup di darat.

360 Ma
Munculnya kepiting dan pakis pertama. Flora daratan didominasi oleh pakis daun.

350 Ma
Munculnya hiu besar pertama, serta munculnya ratfish, dan hagfish.

340 Ma
Diversifikasi amfibi.

330 Ma
Munculnya vertebrata amniota pertama (Paleothyris).

320 Ma
Terpisahnya garis keturunan sinapsid (moyang mamalia) dan sauropsid pada akhir kretaseus.

305 Ma
Munculnya reptil, yaitu petrolacosaurus.

280 Ma
Kumbang pertama, tanaman berbiji dan tanaman runjung mulai beragam, sedangkan lepidodendrida dan sphenopsid mulai menurun.

251,4 Ma
Peristiwa kepunahan permian-tersier menghilangkan 90-95% spesies laut. Kehidupan di darat membutuhkan waktu 30 juta tahun untuk pulih sepenuhnya.

248 Ma
Munculnya sturgeon dan paddlefish pertama (acipenseridae).

245 Ma
Munculnya ichthyosaurus pertama.

240 Ma
Gynodont dan rhynchosaurs mulai beragam.

225 Ma
Munculnya dinosaurus paling awal, prosauropoda. Serta munculnya teleost pertama dan mamalia pertama (adelobasileus).

220 Ma
Tumbuhan gimnosperm mulai mendominasi hutan. Herbivora tumbuh dengan ukuran yang besar. Serta munculnya lalat dan kura-kura pertama (odontochelys). Lalu, dinosaurus coelophysoid.

205 Ma
Kepunahan trias-jurasik, kepunahan ini melenyapkan sebagian besar kelompok pseudosuchiaa. Kepunahan ini memberikan kesempatan untuk Apatosaurus, Tyrannosaurus, Perrotasarus, dan Stegosaurus untuk memasuki masa keemasannya.

200 Ma
Kepunahan besar pada vertebrata terestrial dan amfibi besar.

195 Ma
Munculnya pterosaurus (spesialis makanan) pertama (dorygnathus). Munculnya dinosaurus sauropod pertama.

190 Ma
Plisauroid muncul dalam rekaman fosil. Munculnya serangga lepidopteran pertama (archaeolepis), kepiting pertapa, bintang laut modern, echinoid tidak beraturan, bivalvia korioid, dan tubulipore bryozoans.

176 Ma
Munculnya anggota pertama dari kelompok dinosaurus stegosauria.

170 Ma
Munculnya salamander, bengkarung, kriptokoral, plasosaurus elasmosaurid, dan mamalia cladotherian. Dinosarus sauropa mengalami diversifikasi.

165 Ma
Munculnya ikan pari pertama dan glycymeridid bivalvia.

161 Ma
Dinosaurus ceratopsian muncul dalam rekaman fosil (yinlong) dan mamalia eutherian tertua telah diketahu muncul dalam rekaman fosil: juramaia.

160 Ma
Munculnya mamalia multituberkulata di Cina Timur.

155 Ma
Munculnya serangga penghisap darah pertama, bivalvia rudist, dan cheilostome bryozoans. Munculnya Archaeopteryx. Dinosaurus stegosauria dan theropoda mulai beragam.

130 Ma
Munculnya tumbuhan berbunga pertama, dan menyebabkan radiasi adaptif pada serangga. Serta munculnya penyu air tawar pertama.

120 Ma
Munculnya heterokont pertama.

115 Ma
Munculnya mamalia monotremata pertama.

110 Ma
Munculnya hesperornithes, burung bergigi pertama.

106 Ma
Munculnya spinosaurus, dinosaurus theropoda terbesar.

100 Ma
Munculnya lebah pertama.

90 Ma
Kepunahan ichthyosaurus. Munculnya ular pertama. Diversifikasi besar pada angiosperm: magnolia, rosida, hamamelidids, monokotil, dan jahe. Serta kemungkinan munculnya mamalia plasenta pertama.

80 Ma
Munculnya semut pertama.

70 Ma
Mamalia multituberkulata terus berdiversifikasi.

68 Ma
Munculnya Tyrannosaurus, pemangsa terestrial terbesar. Serta munculnya triceratops.

66 Ma
Kepunahan kretaseus-paleosen membasmi sekitar setengah dari semua spesies hewan. Seperti mosasaurus, pterosaurus, plesiosaurus, dan bivalvia inokeramid. Dalam peristiwa kepunahan ini, semua dinosaurus punah kecuali garis keturunan dari burung.

65 Ma
Tumbuhan runjung mendominasi, bersama dengan mamalia menjadi spesies yang dominan. Tikus pengerat pertama berkembang menjadi spesialis semut.

63 Ma
Evolusi creodonts, kelompok penting mamalia pemakan daging.

60 Ma
Diversifikasi burung. Munculnya primata awal, monyet ednale, dan burung hantu.

56 Ma
Munculnya gastornis, seekor burung terbang besar, muncul dalam rekaman fosil.

55 Ma
Kelompok burung modern melakukan diversifikasi (munculnya burung beo, burung teko, burung pelatuk). Ikan paus pertama (himalayacetus), lagomorpha paling awal, armadillo, sirenian, proboscidean, perissodactyl dan mamalia artiodactyl muncul dalam rekaman fosil. Angiosperm melakukan diversifikasi.

52 Ma
Munculnya kelelawar pertama (onychonycteris).

50 Ma
Keragaman puncak dari dinoflagelata dan nannofosil. Meningkatnya keragaman anomalodesmatan dan bivalvia. Munculnya tapir, badak, dan unta pertama. Lalu, diversifikasi primata.

40 Ma
Munculnya kupu-kupu dan ngengat modern. Kepunahan gastronis. Basilosaurus, salah satu paus raksasa muncul dalam rekaman fosil.

35 Ma
Munculnya nimvarid, yaitu kucing bergigi pedang palsu. Karnivora ini tidak terkait dengan spesies kucing modern.

35 Ma
Pandang rumput mulai berkembang. Sedikit peningkatan keragaman ostracod dan foraminifer. Banyak kelompok mamalia modern mulai muncul, seperti glyptodonts, sloth, dan elang. Diversifikasi pada paus bergigi dan paus balen.

33 Ma
Evolusi thylacinid marsupial.

30 Ma
Munculnya babi dan kucing pertama.

28 Ma
Munculnya paraceratherium, mamalia terestrial terbesar yang pernah ada.

25 Ma
Pelagornis sandersi muncul dalam rekaman fosil, burung terbang terbesar yang pernah ada.

20 Ma
Munculnya jerapah pertama, hyena, beruang, dan anteaters.

15 Ma
Genus mamut muncul dalam rekaman fosil, beserta bovids dan kangguru pertama. Lalu keragaman megafauna di Australia.

10 Ma
Padang rumput dan sabana mulai stabil. Keragaman serangga mulai meningkat, terutama semut dan rayap. Diversifikasi pada mamalia padang rumput dan diversifikasi ular.

9,5 Ma
The Great American Interchange.

6,5 Ma
Hominin pertama (sahelantrhropus).

6 Ma
Diversifikasi pada Australopithecine.

5 Ma
Kungkang pohon dan kudanil pertama. Diversifikasi pada zebra dan gajah. Peningkatan ukuran burung pemakan bangkai. Penurunan jumlah mamalia perissodactyl.

4,8 Ma
Mamut muncul dalam rekaman fosil.

4 Ma
Evolusi Australopithecus. Stupendemys muncul dalam rekaman fosil, sebagai penyu air tawar terbesar. Gajah modern pertama, jerapah, zebra, singa, badak, dan rusa, semuanya muncul dalam rekaman fosil.

2,7 Ma
Evolusi Paranthropus

2,5 Ma
Spesies Smilodon muncul dalam rekaman fosil.

2 Ma
Munculnya anggota pertama dari genus Homo, yaitu Homo habilis. Diversifikasi tumbuhan runjung. Nenek moyang sapi, aurochs (Bos primigenus) akhirnya berkembang di India.

1,7 Ma
Kepunahan Australopithecus.

1,2 Ma
Evolusi Homo antecessor, kemudian anggota terakhir Paranthropus akhirnya mengalami kepunahan.

800 Ka
Beruang berwajah pendek (Actodus simus) menjadi melimpah di Amerika Utara.

600 Ka
Evolusi Homo heidelbergensis.

350 Ka
Evolusi Neanderthal.

300 Ka
Gigantopithecus, kerabat raksasa dari orangutan di Asia mengalami kepunahan.

250 Ka
Manusia anatomis modern muncul di Afrika. Sekitar 50.000 tahun yang lalu, mereka mullai menjajah benua lain, menggantikan Neanderthal di Eropa dan hominin lainnya di Asia.

40 Ka
Varanus priscus mengalami kepunahan.

30 Ka
Neanderthal akhirnya punah. Domestikasi anjing pertama oleh manusia modern.

15 Ka
Coelodonta antiquitatis akhirnya mengalami kepunahan.

11 Ka
Beruang berwajah pendek punah di Amerika Utara, sloth tanah raksasa juga mengalami kepunahan. Semua equidae di Amerika Utara mengalami kepunahan.

10 Ka
Setelah akhir glasial maksimum, spesies daratan seperti mamut (Mammuthus primigenus) dan smilodon mengalami kepunahan.

8 Ka
Lemur raksasa mengalami kepunahan.

4000 SM
Populasi kecil mastodon Amerika mengalami kematian di tempat-tempat seperti Utah dan Michigan.

2500 SM
Anggota terakhir dari mamut akhirnya mengalami kepunahan di Wrangel Island dekat Alaska.

1400
Moa dan predatornya, elang Haast, mengalami kepunahan di Selandia Baru.

1627
Aurochs liar mengalami kepunahan.

1688
Dodo punah.

1768
Sapi laut steller punah.

1883
Kuagga, subspesies dari zebra, mengalami kepunahan.

1914
Martha, merpati penumpang terakhir, meninggal dunia.

1936
Harimau tasmanisa mengalami kepunahan di kebun binatang Tasmania. Anggota terakhir dari famili Thylacinidae.

1952
Anjing laut karibia mengalami kepunahan.

2008
Baiji, lumba-lumba sungai Yangtze, mengalami kepunahan secara fungsional menurut Daftar Merah IUCN.

2011
Badak hitam barat dinyatakan punah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »