14 Fakta Unik Myriapoda

Fakta unik myriapoda

Myriapoda / Myriapoda / Subfilum: Myriapoda

Hewan apa yang kakinya banyak? Pasti Anda langsung menjawab kaki seribu atau menjawab lipan. Hewan-hewan ini memiliki morfologi yang "aneh" kalau dibandingkan dengan kita sebagai manusia.

1. Myriapoda diklasifikasikan kedalam kingdom animalia dan filum arthropoda.

2. Kelompok hewan yang terkenal dari subfilum ini adalah kaki seribu dan lipan.

3. Myriapoda mencakup lebih dari 16.000 spesies.

4. Meski namanya "kaki seribu" namun myriapoda berisi spesies yang memiliki jumlah kaki sekitar 750 kaki sampai kurang dari sepuluh kaki.

5. Myriapoda telah muncul pada akhir silurian, meski bukti molekuler menunjukkan bahwa myriapoda telah ada paling tidak pada zaman kambrium.

6. Bidang studi yang membahas myriapoda adalah myriapodologi, dan mereka yang mempelajari ilmu ini adalah myriapodologist.

7. Myriapoda memiliki sepasang antena tunggal dan mata yang sederhana. Pengecualian untuk scutigera yang memiliki mata majemuk besar.

8. Myriapoda bernapas melalui spiracle yang terhubung ke sistem trakea, seperti halnya dengan serangga.

9. Meski saraf ventral memiliki ganglion di setiap segmen, otak myriapoda relatif kurang berkembang.

10. Anak myriapoda memiliki jumlah kaki yang lebih sedikit. Kaki mereka akan bertambah pada saat melakukan pengelupasan kulit.

Baca Juga: 25 Fakta Unik Buaya Air Asin

11. Myriapoda memiliki habitat di hutan lembab, padang rumput dan bahkan ada beberapa spesies yang memiliki habitat di gurun.

12. Beberapa spesies kelabang dan kaki seribu mampu menghasilkan cahaya (bioluminescent).

13. Ada banyak perdebatan mengenai arthropoda mana yang paling berkerabat dengan myriapoda. Berdasarkan hipotis mandibulata, myriapoda berkerabat dekat dengan pancrustacea (crustacea dan hexapoda). Namun, berdasarkan hipotesis paradoxopoda, kerabat terdekat myriapoda adalah chelicerata.

14. Myriapoda mencakup 4 class, yaitu chilopoda (lipan), diplopoda (kaki seribu), pauropoda dan symphyla.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »