16 Fakta Unik Beruang Berkacamata

Fakta unik beruang berkacamata

Beruang Berkacamata / Spectacled Bear (Tremarctos ornatus)

Beruang berkacamata, beruang yang paling asing kalau menurut saya. Ya sebab habitat beruang ini juga bukan di Indonesia dan memiliki corak tubuh yang sedikit aneh (khas) kalau dibandingkan dengan beruang kutub, beruang coklat, dan beruang madu.

1. Beruang berkacamata diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas mamalia, ordo carnivora, famili ursidae, dan genus Tremarctos.

2. Beruang berkacamata juga dikenal sebagai beruang Andean atau beruang bermuka pendek Andes.

3. Spesies ini dimasukkan kedalam daftar rentan, oleh IUCN, karena kehilangan habitat.

4. Beruang berkacamata merupakan satu-satunya beruang asli Amerika Selatan dan secara teknis merupakan karnivora darat terbesar di bagian benua itu.

5. Beruang berkacamata jantan memiliki berat sekitar 100-200 kg, sedangkan betina memiliki berat yang lebih ringan, yaitu 35-82 kg.

6. Panjang beruang berkacamata dari kepala sampai badan yaitu sekitar 120-200 cm.

7. Dibandingkan dengan spesies beruang lainnya, spesies ini memiliki wajah yang lebih bulat dan moncong yang relatif pendek dan lebar.

8. Habitat beruang berkacamata dapat ditemukan di Venezuela barat, Kolombia, Ekuador, Peru, Bolivia barat dan Argentina (hampir seluruhnya ditemukan di pegunungan Andes).

9. Di hutam awan Andes, beruang berkacamata aktif, baik pada siang dan malam hari.

10. Meski beruang berkacamata memiliki sifat soliter, dan cenderung mengisolasi diri dari kelompok namun beruang ini tidak memiliki sifat teritorial.

Baca Juga: 12 Fakta Unik Piranha

11. Satu-satunya predator dari anak beruang berkacamata adalah puma (atau mungkin beruang dewasa). Satu-satunya ancaman bagi beruang dewasa adalah manusia.

12. Makanan dari beruang berkacamata yaitu kaktus, bromeliad, kacang palem, umbi anggrek, dan daun palem yang belum terbuka.

13. Beruang berkacamata memiliki moncong terpendek dari semua spesies beruang (non-panda).

14. Masa gestasi dari beruang berkacamata yaitu sekitar 5,5 sampai 8,5 bulan.

15. Beruang berkacamata dapat melahirkan satu sampai tiga ekor bayi.

16. Anak yang baru lahir memiliki mata tertutup dengan berat sekitar 300-330 gram.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »