Apa Itu LUCA?

Tentang LUCA

Dari berbagai spesies bakteria sampai spesies eukarya seperti manusia, semuanya merupakan bentuk keanekaragaman makhluk hidup di bumi. Tahukah Anda? Bahwa proses yang melatar belakangi keanekaragaman makhluk hidup ini adalah proses evolusi. Suatu proses yang merupakan kombinasi dari proses utama seperti mutasi, reproduksi dan seleksi.

Dalam proses evolusi, suatu populasi organisme akan terus bereproduksi dan memunculkan berbagai variasi dalam tiap keturunannya. Keturunan yang memiliki karakteristik yang menguntungkan akan terus bertahan hidup dan bereproduksi.

Selain fakta bahwa manusia dan monyet merupakan kerabat. Ada juga hal yang menarik dalam evolusi, yaitu mengenai nenek moyang bersama. Kita sekarang tidak membahas mengenai nenek moyang bersama terbaru manusia dengan simpanse. Melainkan kita akan membahas nenek moyang bersama semua bentuk kehidupan di bumi.

Nenek moyang bersama terbaru dari semua bentuk kehidupan di bumi ini, dikenal sebagai LUCA atau Last Universal Common Ancestor.

LUCA bukan merupakan organisme hidup pertama di bumi, melainkan hanya satu dari banyak organisme awal. LUCA adalah suatu organisme yang nantinya akan memiliki keturunan berupa bakteri, arkaea, sampai eukarya.

Diperkirakan, LUCA hidup sekitar 3,5 sampai 3,8 miliar tahun yang lalu, atau pada era Paleoarchean. Informasi mengenai LUCA tidak secara langsung dapat diakses melalui fosil, melainkan dengan mempelajari dan membandingkan genom keturunannya.

Sebuah studi tahun 2016 mengidentifikasikan satu set 355 gen yang diduga telah ada di LUCA.

LUCA tampaknya merupakan organisme bersel tunggal yang kecil. Mungkin memiliki kumparan DNA berbentuk cicin yang mengambang bebas di dalam sel, seperti bakteri modern, dan secara morfologis tidak ada perbedaan dengan bakteri modern. Namun, Carl Woese dkk yang pertama kali mengusulkan sistem 3 domain (yang digunakan saat ini) menyatakan bahwa LUCA akan menjadi entitas yang lebih sederhana dari individu-individu yang menjadi moyang bersama berbagai domain.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »