Perbedaan Beruang Coklat dan Beruang Kutub

Perbedaan beruang coklat dan beruang kutub

Dari beberapa spesies beruang, yang paling terkenal adalah beruang coklat dan beruang kutub. Kedua spesies beruang tersebut merupakan beruang terbesar. Mengenai perbedaan antara keduanya, maka bagi orang awam sekalipun, kedua beruang tersebut jelas-jelas memiliki perbedaan yang menonjol, dan dalam artikel ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara keduanya (yang kebanyakan tidak kita ketahui).

Perbandingan Taxonomi

Beruang CoklatBeruang Kutub
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Carnivora Carnivora
Familia Ursidae Ursidae
Genus Ursus Ursus
Spesies U. arctos U. maritimus

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Kodok dan Katak

Persebaran habitat
Beruang coklat dapat ditemukan di sebagian besar wilayah utara Eurasia dan Amerika Utara. Sedangkan beruang kutub memiliki persebaran habitat di wilayah Lingkaran Artik, meliputi Samudera Artik dan daratan sekitarnya.

Kekerabatan antara beruang coklat dan beruang kutub
Keduanya diklasifikasikan kedalam genus yang sama, yaitu genus Ursus. Hasil analisis terbaru menunjukkan bahwa beruang kutub dan beruang coklat terpisah sekitar 250.000-130.000 tahun yang lalu.

Warna rambut
Beruang coklat memiliki rambut yang tidak sepenuhnya coklat. Di India, beruang coklat memiliki rambut berwarna coklat kemerahan dengan ujuk perak. Sementara di Cina, beruang coklat memiliki warna kuning-coklat atau sedikit putih di leher, dada, dan bahu. Sedangkan beruang kutub juga tidak sepenuhnya putih, melainkan transparan.

Sifat teritorial
Tidak seperti beruang coklat, beruang kutub tidak memiliki sifat teritorial. Meskipun stereotip menganggap beruang kutub sebagai hewan agresif, namun mereka biasanya berhati-hati dalam konfrontasi dan sering memilih melarikan diri daripada bertarung.

Serangan terhadap manusia
Kebanyakan beruang coklat yang menyerang, hanya akan menganiaya manusia lalu pergi meninggalkannya. Sedangkan jika beruang kutub menyerang maka serangannya adalah untuk memangsa manusia.

Musim kawin
Musim kawin beruang coklat berlangsung pada pertengahan bulan Mei hingga awal Juli. Sedangkan beruang kutub berlangsung pada bulan April dan bulan Mei, ketika beruang kutub berkumpul di daerah perburuan anjing laut.

Total populasi
Perkiraan pada tahun 2012, total populasi beruang coklat mencapai sekitar 200.000 individu. Sedangkan total populasi beruang kutub yaitu sekitar 25.000-31.000 individu.

Perilaku
Beruang coklat merupakan hewan terestrial, yang menghabiskan hidupnya di darat. Sedangkan beruang kutub merupakan hewan semi-akuatik, karena sebagian besar hidupnya berada di laut es.

Keberadaan punuk
Beruang coklat merupakan satu-satunya spesies beruang yang memiliki punuk di pundaknya. Sedangkan beruang kutub memiliki kesamaan dengan beruang lainnya, yaitu tidak memiliki punuk di pundaknya.

Panjang ekor
Beruang coklat memiliki panjang ekor sekitar 6-22 cm. Sedangkan ekor beruang kutub lebih pendek dari ekor beruang coklat.

Luas habitat
Jika kita melihat persebaran habitat mereka, maka beruang coklat memiliki persebaran habitat yang paling luas, bahkan diantara semua beruang. Lain halnya dengan beruang kutub yang hanya eksklusif di daerah Artik.

Umur
Rata-rata umur beruang coklat yaitu 25 tahun. Mungkin sama dengan beruang kutub yang umurnya kebanyakan tidak lebih dari 25 tahun.

Makanan
Beruang coklat merupakan hewan omnivora, biasanya mereka akan memakan ikan salmon. Sedangkan beruang kutub merupakan hewan karnivora sejati, mangsa mereka adalah anjing laut, paus beluga atau bahkan narwhal.

Berat anak yang baru lahir
Anak dari beruang coklat yang baru dilahirkan memiliki berat sekitar 350-510 gram. Sedangkan anak dari beruang kutub yang baru dilahirkan memiliki berat sekitar 900 gram dengan mata yang tertutup.

Kemampuan berenang
Beruang kutub mampu berenang hingga berhari-hari, hal itu merupakan bentuk adaptasinya di lingkungan Artik. Sedangkan beruang coklat bukan hewan yang diadaptasikan untuk lingkungan Artik.

Bentuk morfologi
Beruang kutub memiliki tubuh yang lebih panjang dan hidung yang lebih panjang jika dibandingkan dengan beruang coklat.

Berat badan
Beruang kutub jantan memiliki bobot sekitar 350-700 kg. Sedangkan beruang coklat memiliki berat yang bervariasi antar subspesiesnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »