Perbedaan Beruang Hitam Amerika dan Beruang Hitam Asia

Perbedaan beruang hitam amerika dan beruang hitam asia

Kalau kita sedang membahas beruang, pasti yang pertama terlintas dipikiran kita adalah beruang coklat. Namun ternyata spesies beruang itu sebenarnya tidak hanya beruang coklat dan beruang kutub saja, melainkan ada beruang hitam Asia dan beruang hitam Amerika. Nah, kali ini kita akan membahas perbedaan antara beruang hitam Asia dan beruang hitam Amerika.

Perbandingan Taxonomi

Beruang Hitam AmerikaBeruang Hitam Asia
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Carnivora Carnivora
Familia Ursidae Ursidae
Genus Ursus Ursus
Spesies U. americanus U. thibetanus

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Simpanse dan Bonobo

Kerabat dekat
Kerabat terdekat beruang hitam Amerika adalah beruang hitam Asia. Jadi, mereka merupakan kerabat dekat satu sama lain. Nenek moyang bersama mereka terpisah sekitar 4.08 juta tahun yang lalu.

Tanda sabit putih
Beberapa individu beruang hitam Amerika memiliki tanda bulan sabit putih pada dadanya. Sedangkan semua beruang hitam Asia memiliki bulu berwarna putih (berbentuk V) di dadanya.

Perbandingan dengan beruang coklat
Beruang hitam Amerika dapat dibedakan dengan beruang coklat, karena beruang hitam Amerika memiliki tubuh yang lebih kecil, tidak adanya punuk, dan cakar yang lebih pendek. Sedangkan morfologis beruang hitam Asia mirip dengan beruang coklat, namun memiliki tubuh yang lebih ringan dan kaki yang lebih kecil.

Bipedal
Dibandingkan dengan beruang lain (termasuk beruang hitam Amerika), beruang hitam Asia merupakan spesies beruang yang paling bipedal.

Tipe makanan
Beruang hitam Amerika merupakan hewan omnivora. Sedangkan sebagian besar beruang hitam Asia merupakan hewan herbivora.

Telinga
Telinga beruang hitam Amerika memiliki bentuk bulat. Sedangkan jika secara proporsional, maka telinga beruang hitam Asia merupakan telinga yang paling panjang dan menonjol ke samping.

Ekor
Ekor vestigial dari beruang hitam Amerika memiliki panjang sekitar 4,8 inchi. Sedangkan panjang ekor beruang hitam Asia yaitu sekitar 11 cm.

Persebaran habitat
Beruang hitam Amerika memiliki persebaran yang luas dan populasi yang besar (beruang hitam Amerika tersebar di Amerika Utara). Sedangkan beruang hitam Asia tersebar di Himalaya, India, Korea, Cina Timur, Rusia, Jepang, dan Taiwan.

Berat tubuh
Beruang hitam Amerika memiliki berat sekitar 57-250 kg (jantan) dan beruang hitam Amerika betina memiliki berat sekitar 41-170 kg. Sedangkan beruang hitam Asia memiliki berat sekitar 60-200 kg (jantan) dan 40-125 kg (betina).

Masa gestasi
Beruang hitam Amerika memiliki masa kehamilan sekitar 235 hari. Sedangkan beruang hitam Asia memiliki masa kehamilan sekitar 200-240 hari.

Anak yang baru lahir
Anak beruang hitam Amerika yang baru lahir memiliki berat sekitar 280-450 gram dengan panjang 20 cm dan akan membuka matanya pada umur 28-40 hari. Sedangkan beruang hitam Asia yang baru lahir memiliki berat sekitar 13 ons, dan akan membuka matanya pada umur 7 hari.

Kelebihan
Indra penciuman beruang hitam Amerika, 7x lebih peka daripada anjing dan pendengarannya lebih baik jika dibandingkan dengan manusia. Sedangkan beruang hitam Asia memiliki kelebihan berupa tubuh bagian atas yang kuat, dan sangat efisien untuk memanjat pohon.

Masa hidup
Di alam liar, beruang hitam Amerika dapat hidup hingga 23 tahun. Sedangkan beruang hitam Asia dapat hidup hingga umur 25 tahun.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »