Perbedaan Buaya Air Asin dan Buaya Nil

Perbedaan buaya air asin dan buaya nil

Buaya terbesar yaitu buaya air asin, dan disusul oleh buaya nil. Namun penasarankah Anda, apasih perbedaan antara buaya air asin dan buaya nil ini, kelihatannya sama kan? Nah, dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan antara keduanya.

Perbandingan Taxonomi

Buaya Air AsinBuaya Nil
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Reptilia Reptilia
Ordo Crocodilia Crocodilia
Familia Crocodylidae Crocodylidae
Genus Crocodylus Crocodylus
Spesies C. porosus C. niloticus

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Hyena Tutul dan Hyena Bergaris

Panjang tubuh
Pejantan dari buaya air asin dapat memiliki panjang hingga 6,3 meter (kemungkinan mencapai 7 meter). Sedangkan buaya nil memiliki panjang sekitar 6,1 meter.

Berat tubuh
Pejantan buaya air asin memiliki berat sekitar 1.000-1.200 kg. Sedangkan buaya nil memiliki berat tubuh sekitar 1.090 kg.

Persebaran habitat
Buaya air asin dapat ditemui di pantai timur India, Asia Tenggara, dan Australia Utara (buaya air asin merupakan spesies buaya dengan persebaran habitat terluas). Sedangkan buaya nil memiliki habitat yang tersebar di seluruh sub-sahara Afrika.

Perilaku sosial
Buaya nil merupakan hewan yang relatif sosial, terutama jika dibandingkan dengan buaya air asin. Buaya nil akan berbagi tempat untuk berjemur dan memakan makanan. Sedangkan buaya air asin merupakan spesies yang lebih teritorial dan kurang toleran terhadap kehadiran buaya jantan lain dari spesiesnya sendiri.

Lebar moncong
Buaya air asin memiliki moncong yang sedikit lebih lebar dari buaya lainnya, termasuk buaya nil.

Gigitan
Buaya air asin memiliki gigitan terkuat dari semua hewan, gigitannya memiliki tekanan sekitar 16,414 N.

Jumlah telur
Buaya air asin betina dapat bertelur hingga 60 butir telur. Sedangkan buaya nil betina dapat bertelur hingga 80 butil telur.

Cara inkubasi telur
Buaya air asin mengerami telurnya dengan cara menaruh telurnya di lumpur atau tumpukan vegetasi. Sedangkan buaya nil akan mengubur telurnya di tanah atau pasir untuk diinkubasi.

Lama inkubasi
Buaya air asin akan terus menjaga sarang hingga 80-106 hari. Sedangkan lama waktu yang diperlukan bagi telur buaya nil untuk menetas yaitu sekitar 90 hari.

Kematangan seksual
Buaya air asin jantan mencapai kematangan seksual pada umur 16 tahun, dan buaya air asin betina mencapai kematangan seksual pada umur 12-14 tahun. Sedangkan buaya nil jantan mencapai kematangan seksual pada umur 12-16 tahun.

Panjang moncong
Diantara buaya lainnya, buaya nil memiliki moncong yang relatif panjang, terutama jika dibandingkan dengan buaya air asin.

Perilaku
Seperti namanya, buaya air asin dapat hidup di lingkungan laut, tetapi biasanya berada di rawa-rawa bakau, delta dan perambatan sungai yang lebih rendah. Sedangkan buaya nil, meski dapat hidup di air asin, buaya ini jarang ditemui di pantai/lautan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »