Perbedaan Buaya Nil dan Kudanil

Perbedaan buaya nil dan kudanil

Apasih perbedaan buaya nil dan kudanil? Mungkin pertanyaannya terdengar "lucu" yah? Karena hampir semua orang juga tahu perbedaan antara kedua hewan ini, namun karena namanya sama-sama ada kata "nil"nya. Kata ini mengacu pada sungai di Afrika, sungai Nil.

Perbandingan Taxonomi

Buaya NilKudanil
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Reptilia Mamalia
Ordo Crocodilia Artiodactyla
Familia Crocodylidae Hippopotamidae
Genus Crocodylus Hippopotamus
Spesies C. niloticus H. amphibius

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Hyena Tutul dan Hyena Bergaris

Makanan
Buaya nil merupakan hewan karnivora, mangsa utamanya biasanya berupa ikan, burung, reptil dan mamalia. Sedangkan kuda nil merupakan hewan herbivora.

Kerabat dekat
Kerabat dekat dari buaya nil adalah spesies buaya lainnya, termasuk buaya air asin. Sedangkan kerabat terdekat kudanil adalah hewan cetacea (paus dan lumba-lumba), bahkan lebih dekat kekerabatannya (dengan paus) jika dibandingkan dengan hewan berkuku genap lainnya seperti sapi.

Predikat terbesar
Buaya nil merupakan buaya terbesar ke-2 di dunia. Sedangkan kudanil merupakan hewan darat terbesar ke-3 setelah gajah dan badak.

Berat badan
Rata-rata buaya nil memiliki berat sekitar 225-750 kg. Sedangkan kudanil dewasa memiliki berat sekitar 1.500 kg.

Kecepatan
Dalam waktu singkat, buaya nil mampu berlari hingga kecepatan 14 km/jam dan dapat berenang hingga kecepatan 35 km/jam. Sedangkan kudanil (meski terlihat gemuk) mampu berlari hingga kecepatan 30 km/jam.

Perilaku
Buaya nil biasanya akan berjemur pada siang hari. Sedangkan kudanil di siang hari akan cenderung berada di air. Kudanil akan merumput pada sore hari.

Persebaran habitat
Habitat buaya nil tersebar di seluruh sub-sahara Afrika. Sedangkan kudanil (saat ini) memiliki persebaran di Republik Demokratik Kongo, Uganda, Tanzania, Afrika Selatan dan Kenya.

Musuh alami
Buaya nil dan kudanil sering terlibat pertengkaran, karena habitat mereka tumpang tindih. Meski dalam masalah makanan, mereka tidak terlibat persaingan.

Dimorfisme seksual
Seperti kebanyakan buaya, buaya nil menunjukkan dimorfisme seksual dengan pejantan yang memiliki tubuh 30% lebih besar dari betina. Sedangkan kudanil tidak menunjukkan dimorfisme seksual yang signifikan, sehingga sulut membedakan antara kudanil jantan dan kudanil betina.

Kematangan seksual
Buaya nil jantan mencapai kematangan seksual pada umur 12-16 tahun. Sedangkan kudanil jantan mencapai kematangan seksual pada umur 7 tahun, dan kematangan seksual kudanil betina yaitu pada umur 5 tahun.

Reproduksi
Buaya nil merupakan hewan ovipar (bertelur), sedangkan kudanil merupakan hewan vivipar (melahirkan).

Masa inkubasi dan masa gestasi
Masa inkubasi telur buaya nil yaitu sekitar 90 hari. Sedangkan masa gestasi dari kudanil yaitu sekitar 8 bulan.

Jumlah anak
Buaya nil bertelur hingga 25-80 butir telur. Sedangkan kudanil biasanya akan melahirkan satu anak.

Anak
Anak buaya nil yang baru menetas memiliki panjang sekitar 300 mm dengan berat 70 gram. Sedangkan kudanil yang baru lahir memiliki panjang sekitar 127 cm, dengan berat 50 kg.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »