Perbedaan Paus Sperma dan Paus Beluga

Perbedaan paus sperma dan paus beluga

Kali ini kita akan membahas perbedaan antara paus beluga dan paus sperma. Meski orang awam sekalipun, pasti akan tahu perbedaannya. Salah satu perbedaan yang paling mencolok itu warna dan bentuk mulutnya.

Perbandingan Taxonomi

Paus SpermaPaus Beluga
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Artiodactyla Artiodactyla
Familia Physeteridae Monodontidae
Genus Physeter Delphinapterus
Spesies P. macrocephalus D. leucas

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Hyena Tutul dan Hyena Bergaris

Persebaran habitat
Paus sperma memiliki rentang geografis di seluruh perairan dunia. Sedangkan beluga memiliki persebaran habitat di perairan Artik dan Subartik.

Sirip dorsal
Paus sperma memiliki sirip dorsal. Sedangkan paus beluga tidak memiliki sirip dorsal.

Panjang
Paus sperma jantan memiliki panjang sekitar 16 meter (kadang mencapai 20 meter). Sedangkan beluga dewasa dapat memiliki panjang sekitar 5,5 meter.

Berat
Paus sperma jantan dewasa memiliki berat sekitar 45 ton dan betina memiliki berat sekitar 15 ton. Sedangkan paus beluga dewasa memiliki berat sekitar 1.600 kg.

Kerabat dekat
Kerabat terdekat paus sperma adalah paus sperma kerdil dan paus sperma kurcaci. Sedangkan kerabat terdekat paus beluga adalah paus narwhal.

Kelompok
Paus sperma betina biasanya akan membentuk kelompok, dan pejantan dewasa hanya berkumpul pada saat musim kawin. Sedangkan paus beluga biasanya ditemukan dalam kelompok hingga 10 individu (dan dapat membentuk hingga ribuan individu pada musim tertentu).

Kemampuan menyelam
Paus sperma dapat menyelam hingga kedalaman 2.250 meter (dan merupakan mamalia yang menyelam terdalam kedua setelah paus paruh cuvier). Sedangkan paus beluga hanya dapat menyelam hingga kedalaman 700 meter di bawah permukaan laut.

Predator alami
Paus sperma jantan biasanya tidak memiliki predator alami (karena tubuhnya yang besar), namun paus sperma betina memiliki predator yaitu paus pembunuh. Sedangkan paus beluga juga memiliki predator alami yang sama, yaitu paus pembunuh, ditambah dengan beruang kutub.

Peliharaan
Paus sperma tidak dipelihara dipenangkaran (karena bentuk tubuhnya yang besar). Sedangkan paus beluga merupakan salah satu cetacea yang sering dipelihara di penangkaran.

Arti nama
Paus "sperma" kemungkinan mengacu pada bentuk paus ini yang memiliki kepala besar. Sedangkan nama beluga berasal bahasa rusia "belukha" yang artinya putih.

Masa hidup
Paus sperma dapat hidup hingga lebih dari 60 tahun. Sedangkan paus beluga dapat hidup hingga umur 70-80 tahun.

Kemampuan berenang mundur
Paus sperma tidak bisa berenang mundur. Sedangkan bisa berenang munduru (tidak seperti kebanyakan cetacea).

Gigi
Paus sperma memiliki 18-26 gigi di setiap rahangnya. Sedangkan paus beluga memiliki 36-40 gigi pada masing-masing rahangnya.

Genom
Genom paus sperma memiliki 21 pasang kromosom. Sedangkan genom paus beluga terdiri dari 2.327 Gbp (base pair).

Masa gestasi
Paus sperma memiliki masa gestasi yaitu sekitar 14-16 bulan. Sedangkan paus beluga memiliki masa gestasi yaitu sekitar 12-14 bulan.

Anak yang baru lahir
Anak paus sperma yang baru lahir memiliki berat sekitar 1 ton dengan panjang 4 meter. Sedangkan anak paus beluga yang baru lahir memiliki berat sekitar 80 kg, dengan panjang sekitar 1,5 meter.

Dimorfisme seksual
Paus sperma merupakan paus dengan tingkat dimorfisme seksual tertinggi dari semua paus. Sedangkan tingkat dimorfisme paus beluga cukup kecil.

Makanan
Paus sperma biasanya memakan cumi-cumi. Sedangkan paus beluga biasanya memakan mangsa berupa salmon, herring, kapelin dan ikan lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »