Perbedaan Penguin Kaisar dan Penguin Raja

Perbedaan penguin kaisar dan penguin raja

Penguin, hewan yang terkenal karena habitatnya berada di kutub. Cara hidup penguin juga menarik untuk diketahui. Dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan antara penguin kaisar dengan penguin raja. Kedua spesies ini merupakan penguin terbesar, dan memiliki kemiripan satu sama lain (oleh karena itu saya buat artikel ini).

Perbandingan Taxonomi

Penguin KaisarPenguin Raja
Kingdom Kingdom Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Aves Aves
Ordo Sphenisciformes Sphenisciformes
Familia Spheniscidae Speniscidae
Genus Aptenodytes Aptenodytes
Spesies A. forsteri A. patagonicus

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Gajah Semak Afrika dan Gajah Hutan Afrika

Gelar penguin terbesar
Penguin kaisar merupakan penguin tertinggi dan terberat (sekaligus burung terbesar kelima). Peringkat kedua disusul oleh penguin raja.

Tinggi badan
Penguin kaisar memiliki tinggi sekitar 122 cm. Sedangkan penguin raja hanya memiliki tinggi sekitar 70-100 cm.

Berat badan
Penguin kaisar memiliki berat sekitar 22-45 kg. Sedangkan penguin raja memiliki berat badan yang lebih ringan, yaitu sekitar 9,3-18 kg.

Menyelam
Penguin kaisar mampu bertahan 18 menit di dalam air, dan mampu menyelam hingga kedalaman 535 meter. Lain halnya dengan penguin raja, mereka hanya dapat menyelam hingga kedalaman 300 meter.

Habitat
Penguin kaisar memiliki distribusi sirkumpolar di Antartika, hampir secara eksklusif di 66° dan 77° Lintang Selatan. Sedangkan penguin raja memiliki distribusi di pulau-pulau subantartika (yaitu antara 45° dan 55°S), di bagian utara Antartika, serta di Kepulauan Falkland dan pulau-pulau beriklim sedang di wilayah tersebut.

Total populasi spesies
Jumlah total populasi spesies penguin kaisar yaitu sekitar 595.000 individu dewasa (diperkirakan pada tahun 2009). Sedangkan penguin raja memiliki total populasi yang lebih banyak, yaitu sekitar 2.230.000 pasang dan terus meningkat.

Kesetiaan terhadap pasangan
Kedua spesies penguin ini merupakan hewan monogami serial. Namun kesetiaan terhadap pasangan di tahun berikutnya ternyata memiliki presentase yang berbeda antara keduanya. Penguin kaisar memiliki kesetiaan sekitar 16% terhadap pasangan, sedangkan penguin raja memiliki kesetiaan sekitar 29%.

Berat telur
Penguin kaisar memiliki telur dengan berat sekitar 460-470 gram. Sedangkan penguin raja memiliki telur yang lebih ringan, yaitu sekitar 300 gram.

Kemampuan menghasilkan "susu"
Penguin kaisar jantan mampu menghasilkan "susu" atau zat seperti dadih yang terdiri dari 59% protein dan 28% lipid, zat ini diproduksi oleh kelenjar di kerongkongannya. Kemampuan ini juga hanya terdapat di merpati, flamingo dan penguin kaisar jantan. Sedangkan penguin raja tidak memiliki kemampuan ini.

Warna pada wajah
Penguin raja memiliki warna kuning di sekitar wajahnya. Sedangkan penguin raja memiliki warna oranye di sekitar wajahnya.

Warna bulu pada anak penguin
Penguin kaisar yang masih kecil memiliki warna bulu abu-abu, dengan corak warna hitam dan putih di wajahnya. Sedangkan anak penguin raja memiliki warna yang sepenuhnya coklat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »