Perbedaan Rayap dan Semut

Perbedaan semut dan rayap

Kalau melihat rayap pasti kita akan teringat dengan semut. Kedua hewan tersebut memang memiliki banyak kesamaan, terutama dalam perilaku eusosialnya. Namun, ternyata kedua hewan ini sangat berbeda jauh jika kita melihat lebih jeli lagi. Rayap lebih berkerabat dengan kecoa, sedangkan semut lebih berkerabat dengan tawon.

Perbandingan Taxonomi

RayapSemut
Kingdom Animalia Animalia
Filum Arthropoda Arthropoda
Kelas Insecta Insecta
Ordo Blattodea Hymenoptera
Infraordo Isoptera -
Familia Formicidae

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Jerapah dan Okapi

Klasifikasi
Rayap dan semut merupakan serangga, keduanya diklasifikasikan kedalam kelas insecta. Namun jika kita lihat lebih jauh lagi, rayap akan diklasifikasikan kedalam ordo blattodea bersama dengan kecoa. Sedangkan semut akan diklasifikasikan kedalam ordo hymenoptera, bersama dengan lebah dan tawon.

Metamorfosis
Meski mereka sama-sama hewan eusosial, namun ada perbedaan yang menonjol antara keduanya, yaitu cara mereka bermetamorfosis. Rayap merupakan hewan yang bermetamorfosis secara tidak sempurana, rayap melewati tahap telur - nimfa - dewasa. Sedangkan semut melakukan metamorfosis sempurna, semut melewati tahap telur - larva - kepompong - dewasa.

Penyebaran geografis
Rayap dapat ditemukan di semua benua kecuali Antartika. Wilayah dengan jumlah spesies rayap paling sedikit yaitu di Amerika Utara dan Eropa. Lalu di Amerika Selatan merupakan wilayah dengan jumlah spesies rayap terbanyak. Sedangkan semut juga dapat ditemukan di semua benua, kecuali Antartika. Hanya saja spesies semut lebih melimpah di berbagai benua.

Habitat
Ada 3 tipe ekologis dari rayap, yaitu kayu basah, kayu kering dan bawah tanah. Sedangkan semut ternyata lebih fleksibel, semut menempati berbagai ceruk ekologis dan habitat.

Ukuran tubuh
Rayap biasanya berukuran kecil, dengan panjang sekitar 4-15 mm. Ratu rayap dari spesies terbesar (Macrotermes bellicosus) dapat memiliki panjang tubuh sekitar 10 cm. Sedangkan ukuran semut yaitu sekitar 0,75-52 mm. Spesies semut terbesar (Titanomyra giganteum) memiliki ratu dengan panjang sekitar 6 cm dengan lebar sayap sekitar 15 cm.

Sayap
Tidak seperti semut, sayap depan rayap dan sayap belakang dari rayap memiliki panjang yang sama.

Reproduksi
Raja rayap akan selalu bersama dengan ratu rayap setelah mereka mencari dan membuat sarang. Sedangkan raja semut akan mati beberapa saat setelah kawin dengan ratu semut (ratu semut akan menyimpan gamet untuk seumur hidupnya). Jika ratu rayap mati, maka raja rayap akan menghasilakan feromon untuk mendorong pergantian ratu.

Makanan
Rayap merupakan hewan detritivora, mereka mengkonsumsi tanaman mati. Sedangkan semut memiliki tipe makanan yang bervariasi tergantung dari spesiesnya, mulai dari herbivora langsung atau tidak langsung, karnivora dan omnivora. Namun kebanyakan semut merupakan omnivora generalis.

Komunikasi
Kebanyakan rayap buta, sehingga komunikasi utamanya menggunakan isyarat kimia, mekanik dan feromon. Sedangkan semut berkomunikasi menggunakan feromon, suara, dan sentuhan.

Pertahanan
Rayap bergantung pada komunikasi alarm untuk mempertahankan kolomi, feromon alarm dilepaskan ketika sarang diserang oleh musuh. Sedangkan semut menyerang dan mempertahankan diri dengan menggigit, menyengat, dan menyemprotkan bahan kimia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »