Perbedaan Singa dan Puma

Perbedaan singa dan puma

Kalau kita melihat puma, pasti yang pertama terlintas dipikiran kita adalah singa betina. Kedua hewan itu memang sangat mirip, baik bentuk tubuhnya atau warna tubuhnya. Namun ada juga perbedaannya jika kita cari tahu lebih detail tentang kedua hewan tersebut.

Perbandingan Taxonomi

SingaPuma
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Carnivora Carnivora
Familia Felidae Felidae
Genus Panthera Puma
Spesies P. leo P. concolor

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Gajah Semak Afrika dan Gajah Hutan Afrika

Dimorfisme seksual
Singa menunjukkan dimorfisme seksual yang sangat jelas. Pejantan singa memiliki badan besar dan surai lebat dikepalanya. Sedangkan puma jantan dan betina memiliki fisik yang hampir mirip.

Ekor
Singa jantan dan betina memiliki jumbai di ujung ekornya. Sedangkan puma memiliki ekor yang biasa (seperti kebanyakan kucing).

Persebaran habitat
Singa tersebar di benua Afrika dan India. Singa mendiami habitat padang rumput dan savana. Sedangkan puma memiliki persebaran di Kanada sampai Amerika Selatan (puma merupakan hewan endemik dari benua Amerika).

Perilaku
Singa merupakan hewan diurnal, yaitu lebih sering aktif di siang hari. Sedangkan puma merupakan hewan nokturnal dan kadang krepuskular, yaitu lebih aktif di malam hari dan sore hari.

Mangsa
Singa memangsa sebagian besar ungulata, seperti kerbau, zebra, rusa, dan bahkan jerapah. Sedangkan puma memangsa rusa dan kadang memangsa hewan pengerat.

Kerabat
Singa berkerabat dekat dengan macan tutul, jaguar, harimau dan macan tutul salju. Sedangkan, meski memiliki badan besar, puma lebih berkerabat dengan kucing kecil lainnya dibandingkan dengan singa.

Perilaku sosial
Singa merupakan spesies kucing yang paling sosial diantara semua kucing liar. Sedangkan puma merupakan hewan yang soliter.

Musuh alami
Musuh alami singa adalah hyena tutul, dan sering terlibat pertengkaran. Hal ini terjadi karena keduanya menempati wilayah geografis dan relung ekologi yang sama. Sedangkan puma juga memiliki musuh alami, yaitu serigala abu-abu.

Masa gestasi/kehamilan
Singa memiliki masa kehamilan sekitar 110 hari, sedangkan puma ternyata lebih cepat, yaitu sekitar 91 hari.

Kucing terbesar
Singa merupakan kucing terbesar kedua, sedangkan puma merupakan kucing terbesar keempat.

Berat tubuh
Singa jantan memiliki berat sekitar 150-250 kg dan singa betina memiliki berat sekitar 120-182 kg. Sedangkan puma jantan memiliki berat sekitar 100 kg dan puma betina memiliki berat sekitar 64 kg.

Telinga
Singa memiliki telinga yang berbentuk bulat, sedangkan puma memiliki telinga yang mirip kucing domestik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar