Time Is Money, Apa Maksudnya?

Time is money, apa maksudnya

"Time is money", pernah mendengar kalimat seperti ini? Apasih maksud sebenarnya? Mungkinkah sesuatu seperti waktu yang bisa di jadikan uang? Atau waktu yang seperti apa?

Sebenarnya simple, mungkin maksud orang yang mengatakannya yaitu jangan buang-buang waktu Anda atau manfaatkan waktu Anda dengan baik dan benar. Namun, pertanyaannya, cara memanfaatkan dan menggunakan waktu dengan benar ini yang seperti apa?

Mari kita simak hal-hal berikut yang mungkin harus Anda lakukan agar waktu Anda tidak terbuang sia-sia dan menjadi uang.

1. Jangan peduli terhadap hal-hal yang tidak berguna

Kebanyakan orang kan suka gosipin orang lain, mereka suka cari-cari kelemahan orang lain, bahkan ada yang sampai tahu segala seluk beluk tentang tetangganya yang mereka benci. Pertanyaannya, apa gunanya untuk Anda? Ingat, waktu Anda itu berharga, gunakan perhatian, kerja keras, dan semua yang Anda lakukan untuk hal-hal yang berguna untuk masa depan Anda. Misalnya, mencari peluang kerja, mencari peluang bisnis, dan mulailah melakukan pekerajaan yang bermanfaat. Jika Anda istri orang kaya, ya mulailah belajar masak, atau apapun itu yang mungkin berguna untuk suami dan anak Anda. Kalau Anda masih pelajar, ya mulailah percantik/pertampan diri Anda, atau mungkin buat diri Anda menjadi tambah pintar dan berprestasi.

2. Belajarlah sesuatu yang berguna

Belajar itu penting, tapi jangan asal belajar. Belajarlah sesuatu yang sesuai dengan pekerjaan Anda, lingkungan Anda, dan apapun yang mungkin ingin Anda capai. Semisal, jika Anda orang Indonesia, kenapa Anda susah-susah harus belajar bahasa Afrika, misalnya, bukankah ini tidak ada gunanya bagi masa depan Anda? Ya berguna kalau Anda menjadi penerjemah bahasa dan dibayar tinggi. Kapasitas otak manusia itu terbatas, orang yang ahli dalam beberapa bahasa misalnya, orang-orang seperti ini pasti memiliki sesuatu yang tidak mereka miliki (pengetahuan akan tetangganya, misal). Menguasai segalanya itu mustahil, sebab itu belajarlah apa yang memang benar-benar berguna untuk Anda.

3. Diskusilah mengenai sesuatu yang benar-benar berguna

Diskusilah mengenai sesuatu yang edukatif, semisal mengenai bagaimana cara kita mendidik anak atau adik. Jangan diskusikan mengenai orang-orang yang Anda benci, buat apa juga? Lebih baik diskusikan mengenai orang yang Anda suka, pujilah dia, dan kagumilah orang yang Anda suka, karena kemungkinan Anda juga akan mendapat imbalan, entah itu dianggap sebagai orang yang suka memuji atau bahkan rasa suka Anda dibalas oleh orang yang Anda suka. Namun bukan berarti saya mendukung jika Anda mendiskusikan orang yang Anda suka, karena akan saya jelaskan pada point berikut ini.

4. Diskusikan orang yang Anda suka, tapi juga orang yang mengenal Anda

Buat apa mendiskusikan seluk beluk kehidupan orang yang bahkan tidak mengenali Anda dan tidak pernah bertemu dengan Anda? Ya, orang yang saya maksud ini adalah artis-artis yang menjadi idola Anda. Tapi, yang saya maksud ini adalah seluk beluk kehidupannya yah. Diskusikan, tapi diskusikan bagaimana cara artis tersebut berkarya, atau apapun itu yang membuat Anda termotivasi. Umumnya para fans-fans artis juga mendukung artis idolanya sesuai dengan yang seharusnya, seperti membeli DVD legalnya, mengunjungi konser-konser artis tersebut, dan sebagainya. Menurut saya pribadi, ya meski kita suka wajah dan lagunya, tapi kalau kehidupannya, ya saya tidak peduli (jujur, saya mendengar musik, hanya modal download ilegal di internet). Untuk apa Anda peduli terhadap kehidupan orang yang bahkan tidak mengenal Anda?

5. Gunakan waktu Anda untuk bekerja

Kenapa harus demo sana sini, mengkritik orang berdasi sana sini, gunakan waktu Anda untuk bekerja. Kalau Anda sukses dan memiliki banyak uang, tidak mungkin juga bagi Anda untuk mengurusi hal-hal seperti protes untuk menurunkan harga BBM misalnya, karena seberapapun harganya pasti Anda bisa membelinya. Jangan menyalahkan suatu sistem, tapi perbaiki diri Anda sendiri dan kalau bisa, rubah sistem tersebut.

Ya, sebenarnya semuanya kembali kepada diri Anda sendiri dan lingkungan Anda. Kalau Anda suka bercandaan seperti artis-artis di acara tertentu di TV, dan Anda menjadi salah satu artis tersebut, ya Anda akan dapat uang banyak. Semuanya tergantung pada siapa Anda dan lingkungan Anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »