21 Fakta Unik Kanguru Merah

Fakta unik kanguru

Kangguru Merah / Red Kangaroo (Macropus rufus)

Kanguru, hewan yang terkenal karena keunikannya dalam membawa anak (di kantung). Kalau Anda bertanya ke orang, hewan apa yang berkantung? Pasti jawabannya adalah kanguru, meski hewan berkantung itu tidak hanya kanguru (dalam artikel ini kita akan membahas kanguru merah).

1. Kanguru merah diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas mamalia, infrakelas marsupialia, ordo diprotodontia, famili macropodidae, dan genus Macropus.

2. Kanguru merah merupakan kanguru terbesar, sekaligus mamalia terestrial terbesar di Australia. Juga merupakan hewan marsupial terbesar yang masih ada.

3. Kanguru merah menunjukkan dimorfisme seksual, pejantan memiliki tubuh yang lebih besar dan memiliki bulu pendek (berwarna merah coklat), sedangkan betina memiliki bulu berwarna abu-abu kebiruan.

4. Ekor kanguru memiliki fungsi sebagai penyeimbang dan tripod saat kanguru berdiri tegak.

5. Kaki kanguru merah bekerja seperti karet gelang, yang memungkinkan kanguru dapat berjalan dengan memantul-mantul.

6. Dalam satu kali lompatan, pejantan dapat mencapai jarak 8-9 meter dengan ketinggian sekitar 1,8-3 meter.

7. Kanguru merah jantan memiliki panjang sekitar 1,3-1,6 meter (kepala-badan) dengan ekor 1,2 meter. Sedangkan betina memiliki panjang sekitar 85-105 cm, dengan panjang ekor sekitar 65-85 cm.

8. Kanguru merah jantan memiliki berat sekitar 55-90 kg. Sedangkan kanguru merah betina memiliki berat sekitar 18-40 kg.

9. Kanguru merah mempertahankan suhu tubuhnya pada titik homeostatis (36°C) menggunakan adaptasi fisik, fisiologis, dan perilaku.

10. Kanguru merah tersebar di Australia Barat dan Australia Tengah, dan menghuni habitat semak belukar, padang rumput, dan habitat gurun.

Baca Juga: 14 Fakta Unik Owa Putih

11. Makanan kanguru merah adalah rumput. 54%nya adalah spesies Eragrostis setifolia.

12. Kadang-kadang kanguru merah berkumpul dalam jumlah besar (sekitar 1.500 individu).

13. Sebagian besar kanguru merah merupakan hewan nokturnal dan krepuskular.

14. Kanguru merah hidup dalam kelompok, yang berisi sekitar 2-4 anggota.

15. Pejantan kanguru merah akan saling berkelahi untuk menentukan siapa yang lebih dominan, dan mendapatkan akses ke betina.

16. Kanguru merah memiliki kemampuan diapause embrionik, yaitu kemampuan untuk menunga kelahiran bayi.

17. Masa gestasi/kehamilan kangguru yaitu sekitar 33 hari.

18. Anak kangguru akan keluar dari kantong setelah umur 190 hari. Lalu, akan meninggalkan kantong sepenuhnya pada umur 235 hari.

19. Kanguru merah memiliki hingga 3 generasi keturunan secara bersamaan. Satu anak yang sudah besar di kantung. Satu anak yang baru lahir di kantung, dan satu embrio yang sudah dibuahi.

20. Kanguru merah juga telah diamati melakukan perawatan alloparental, yaitu perilaku dimana perempuan dapat mengadopsi anak kanguru lainnya. Ini adalah perilaku yang juga terlihat pada banyak spesies hewan lain seperti serigala dan gajah.

Baca Juga: 9 Fakta Unik Kanguru

21. Seperti semua satwa liar Australia, kanguru merah dilindungi oleh undang-undang, tapi karena populasinya yang melimpah membuat kanguru merah dimanfaatkan daging dan kulitnya (disetujui secara nasional).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »