Apakah Manusia Setara Dengan Hewan?

Manusia dan hewan

Apakah kita setara dengan anjing, babi, kucing, ayam? Apa alasannya? Bukankah kita memiliki kecerdasan dan fisik yang sangat-sangat sempurna? Bukankah manusia merupakan makhluk paling sempurna? Terlalu bodoh jika menganggap manusia setara dengan hewan.

Pertanyaan seperti ini sebenarnya mirip dengan "Apakah Semua Manusia Itu Setara?".

Ya, semua manusia itu setara (dalam arti memiliki kemiripan yang sama, sebagai seorang manusia). Anda dan orang gila itu setara, karena sama-sama manusia. Orang kaya dan orang miskin itu setara, mereka sama-sama manusia. Bahkan semua makhluk hidup itu setara, karena memiliki kemiripan yang sama, yaitu memiliki karakteristik sebagai makhluk hidup. Kalau kita mengikuti logika seperti ini, bahkan dengan batu, kita setara (tersusun dari atom).

Jawaban lain adalah Tidak, setiap manusia dilahirkan dengan genetis, lingkungan, asupan nutrisi, dan dukungan keluarga yang berbeda. Orang yang dilahirkan di Indonesia tentu berbeda dengan yang dilahirkan di Jepang. Orang yang dilahirkan di keluarga miskin tentu berbeda dengan yang dilahirkan di keluarga kaya. Orang yang dilahirkan jelek tentu berbeda dengan orang yang dilahirkan cantik. Jadi semua manusia itu tidak setara, apalagi manusia dan hewan, jelas tidak setara.

Sebenarnya jawaban-jawaban tersebut itu tergantung apa yang diperbandingkan. Jika kita menjadikan kekayaan sebagai tolak ukur, jelas tidak semua manusia memiliki kekayaan yang sama. Namun jika membandingkan karakteristik manusianya, pasti kita akan mengatakan bahwa yang kaya dan miskin itu setara (yaiyalah, sama-sama manusia).

Pertanyaan "Apakah Semua Manusia Itu Setara?" mungkin gampang dijawab karena kita menyadari posisi kita sebagai manusia. Tapi akan berbeda jika pertanyaannya "Apakah Manusia Setara Dengan Hewan?", umumnya orang akan mengklasifikasikan dirinya sebagai manusia dan makhluk hidup lain sebagai hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Ini wajar saja, tidak ada yang salah.

Tapi perlu diketahui bahwa Anda itu hewan (Baca juga: Posisi Manusia Dalam Taksonomi), meski Anda cerdas, Anda tetaplah hewan. Bukan, bukan berarti Anda sebodoh hewan (hewan lain). Sama halnya orang yang kaya, meski mereka lebih kaya, tapi mereka tetap manusia.

Setara atau tidak ini sebenarnya untuk menilai status sosial seseorang (dalam prakteknya). Kalau dalam klasifikasi makhluk hidup (taksonomi), Anda diklasifikasikan sebagai hominidae (kera besar) ya karena Anda memiliki karakteristik yang sama dengan kera besar lainnya. Tapi, tentu saja Anda dibedakan dengan kera besar lain, karena Anda memiliki karakteristik sebagai spesies Homo sapiens.

Kesimpulannya adalah manusia sendiri adalah hewan. Manusia memiliki perbedaan dengan hewan lainnya (kecerdasan, bipedalisme) tapi juga memiliki kemiripan dengan hewan lainnya (tidak memiliki ekor, jempol, menyusui, memiliki vertebrae, memiliki sistem saraf dan otot, sel dengan mitokondria, dst).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »