Perbedaan Anteater Raksasa dan Numbat

Perbedaan anteater dan numbat

Tiap benua pasti ada hewan pemakan semutnya. Seperti anteater di Amerika dan aardvark di afrika. Lalu di Asia ada trenggiling. Nah, kali ini kita akan membahas perbedaan antara pemakan semut di Amerika (anteater) dengan hewan pemakan semut di Australia (numbat).

Perbandingan Taxonomi

Anteater RaksasaNumbat
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Pilosa Dasyuromorphia
Familia Myrmecophagidae Myrmecobiidae
Genus Myrmecophaga Myrmecobius
Spesies M. tridactyla M. fasciatus

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Rayap dan Semut

Reproduksi
Perbedaan yang paling jelas antara anteater raksasa dan numbat adalah cara mereka bereproduksi. Anteater merupakan hewan mamalia plasenta, jadi anteater memiliki plasenta dan mengandung bayi lebih lama. Sedangkan numbat merupakan hewan mamalia marsupial, numbat akan melahirkan anak, anaknya masih fase awal janin (meski numbat tidak memiliki kantung) seperti marsupial lainnya.

Nama lain
Anteater raksasa dikenal sebagai beruang semut. Sedangkan numbat dikenal sebagai anteater marsupial, trenggiling marsupial, atau walpurti.

Persebaran habitat
Anteater raksasa memiliki persebaran habitat di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sedangkan numbat memiliki persebaran habitat di Australia Barat (sekarang juga ada di Australia Selatan).

Panjang tubuh
Panjang tubuh anteater raksasa yaitu sekitar 182-217 cm. Sedangkan numbat memiliki panjang sekitar 32-45 cm, jauh lebih pendek dari anteater raksasa.

Morfologi
Anteater memiliki karakteristik moncong yang panjang, ekor yang lebat, cakar depan yang panjang dan rona kulit yang khas. Sedangkan numbat memiliki tubuh yang langsing (mirip tupai) dengan warna abu-abu lunak sampai coklat kemerahan.

Penglihatan
Anteater raksasa memiliki penglihatan yang buruk. Sedangkan numbat memiliki ketajaman visual tertinggi dari semua hewan marsupial.

Penciuman
Anteater raksasa memiliki indera penciuman yang 40x lebih sensitif daripada indera penciuman miliki manusia. Sedangkan indera penciuman numbat, kemungkinan mirip dengan hewan marsupial lainnya.

Gigi
Anteater raksasa tidak memiliki gigi dan hanya mampu melakukan gerakan rahang yang sangat terbatas. Sedangkan numbat memiliki 50 gigi kecil yang tidak berfungsi (meski dapat mengunyah).

Cara berjalan
Anteater raksasa berjalan dengan buku-buku jari mirip dengan simpanse dan gorila. Sedangkan cara berjalan numbat itu mirip dengan kucing.

Panjang lidah
Anteater raksasa memiliki panjang lidah sekitar 45 cm. Sedangkan panjang lidah numbat tidak sepanjang anteater raksasa, namun termasuk panjang untuk ukuran marsupial.

Masa kehamilan
Anteater raksasa memiliki masa kehamilan sekitar 190 hari. Sedangkan numbat hanya sekitar 15 hari (wajar, karena numbat merupakan hewan marsupial).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »