Perbedaan Dugong dan Manate Amazon

Perbedaan dugong dan manate amazon

Kali ini kita akan membahas perbedaan antara dua spesies sirenia, yang ada di Indonesia (dugong) dengan yang ada di Amerika Selatan (yaitu manate amazon).

Perbandingan Taxonomi

DugongManate Amazon
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Sirenia Sirenia
Familia Dugongidae Trichechidae
Genus Dugong Trichechus
Spesies D. dugon T. inunguis

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Penguin Kaisar dan Penguin Raja

Persebaran geografis
Dugong tersebar hingga 40 negara di seluruh Indo-Pasifik Barat. Sedangkan manate amazon tersebar di Brazil, Peru, Bolivia, Kolombia, dan Ekuador (terutama di sungai Amazon).

Bentuk ekor
Dugong memiliki ekor yang seperti lumba-lumba. Sedangkan manate amazon memiliki ekor yang mirip dengan sirenia lainnya (yaitu seperti dayung, berbentuk bulat).

Umur
Di alam liar, umur dugong dapat mencapai 70 tahun. Sedangkan manate amazon hanya mencapai umur 30 tahun.

Habitat
Habitat dugong berada di laut (dan merupakan satu-satunya mamalia laut yang herbivora). Sedangkan habitat manate amazon yaitu di sungai (merupakan satu-satunya sirenia yang hidup secara ekslusif di habitat air tawar).

Makanan
Makanan utama dugong adalah lamun. Sedangkan manate amazon mengkonsumsi macrofites akuatik, termasuk aroids, rumput tanduk dan eceng gondok.

Panjang tubuh
Panjang dugong dewasa dapat mencapai 3 meter. Sedangkan panjang manate amazon dewasa memiliki panjang sekitar 76,0-255,5 cm (jantan) dan 71,0-266,5 (betina).

Berat tubuh
Dugong dewasa memiliki berat sekitar 250-900 kg. Sedangkan manate amazon memiliki berat sekitar 7,5-346,5 kg (jantan) dan 8,1-379 kg (betina).

Predator alami
Predator alami dari dugong yaitu paus pembunuh, buaya dan hiu. Sedangkan predator alami dari manate amazon yaitu jaguar, hiu dan buaya.

Masa kehamilan
Dugong memiliki masa kehamilan sekitar 13-15 bulan. Sedangkan manate amazon memiliki masa kehamilan sekitar 12-14 bulan.

Anak
Anak dugong yang baru lahir memiliki berat sekitar 30 kg dengan panjang 1,2 meter. Sedangkan anak manate amazon yang baru lahir memiliki berat sekitar 10-15 kg dengan panjang 85-105 cm.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »