Perbedaan Hamster dan Tikus Rumah

Perbedaan hamster dan tikus rumah

Pernah beli hamster dan memeliharanya? Kalau kita lihat hamster, pasti teringat dengan tikus (terutama tikus rumah) yang sering kita lihat di lingkungan rumah. keduanya memiliki kemiripan, baik dari segi perilaku dan bentuknya. Dalam artikel ini kita akan membahas hal-hal yang membedakan antara hamster dan tikus rumah.

Perbandingan Taxonomi

HamsterTikus Rumah
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Rodentia Rodentia
Familia Cricetidae Muridae
Subfamilia Cricetinae
Genus Mus
Spesies M. musculus

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Gajah Semak Afrika dan Gajah Hutan Afrika

Hewan peliharaan
Hamster merupakan hewan peliharaan yang populer, karena mudah dipelihara dan dikembangbiakan. Sedangkan tikus, kebanyakan malah dicari untuk dibunuh.

Perilaku
Hamster aktif di sore hari, dan jika di alam liar, mereka lebih suka berada di lubang untuk menghindari predator. Sedangkan tikus rumah merupakan hewan nokturnal, yaitu aktif di malam hari dan kadang juga krepuskular (aktif di sore hari).

Makanan
Hamster memakan biji, buah, dan tumbuh-tumbuhan. Sedangkan tikus memakan (hampir) semua makanan yang tersedia di sekitar rumah.

Morfologi
Hamster memiliki tubuh gemuk dengan ekor yang relatif pendek. Memiliki telinga kecil berbulu, pendek, kekar, dan kaki lebar. Sedangkan tikus memiliki moncong yang runcing, telinga bulat, dan ekor panjang tanpa rambut lebat.

Penglihatan
Hamster memiliki penglihatan yang buruk, mereka rabun dekat dan buta warna. Sedangkan tikus memiliki ketajaman visual yang pada dasarnya mirip dengan manusia, namun tikus memiliki penglihatan dicromat sedangkan manusia yaitu tricromat. Hal ini berarti tikus tidak melihat beberapa warna dalam spektrum visual manusia.

Kantong pipi
Hamster memiliki kantong pipi yang dapat menyimpan makanan untuk dibawa pergi ke sarang. Sedangkan tikus tidak memiliki kantong pipi.

Masa gestasi
Hamster memiliki masa gestasi sekitar 16-23 hari. Sedangkan tikus memiliki masa gestasi sekitar 19-21 hari.

Jumlah anak
Hamster dapat melahirkan anak sekitar 2 hingga 13 anak. Sedangkan tikus bisa melahirkan anak sekitar 3 sampai 14 ekor anak (rata-rata sekitar 6-8 anak).

Spesies invasif
Di alam liar, hamster bukan merupakan spesies invasif. Sedangkan tikus merupakan hewan invasif.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »