Perbedaan Kasuari dan Rhea Besar

Perbedaan kasuari dan rhea besar

Kasuari dan rhea, dua burung ini memiliki kemiripan, yaitu sama-sama tidak bisa terbang. Dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan antara keduanya, baik dari sisi habitat, makanan, dan morfologinya.

Perbandingan Taxonomi

KasuariRhea Besar
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Aves Aves
Ordo Casuariiformes Rheiformes
Familia Casuariidae Rheidae
Genus Casuarius Rhea
Spesies R. americana

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Gajah Semak Afrika dan Gajah Asia

Persebaran geografis
Kasuari merupakan burung asli dari Papua Nugini, Indonesia, dan Australia Timur Laut. Sedangkan rhea besar merupakan spesies endemik dari Amerika Selatan bagian timur (Argentina, Bolivia, Brasil, Paraguay, dan Uruguay.

Habitat
Kasuari menghuni habitat hutan tropis. Sedangkan burung rhea besar menghuni berbagai daerah terbuka, seperti padang rumput, savana dan lahan basah terbuka.

Rekor
Kasuari (tepatnya kasuari selatan) merupakan burung tertinggi ketiga setelah burung unta dan emu, kasuari selatan juga merupakan burung terberat kedua setelah burung unta. Sedangkan rhea besar merupakan burung terbesar di Amerika Selatan.

Makanan
Makanan kasuari meliputi buah, jamur, invertebrata dan vertebrata kecil. Sedangkan rhea besar memakan daun-dedaunan, biji, buah, dan serangga.

Tinggi
Kasuari (selatan) memiliki tinggi sekitar 1,5-1,8 meter. Sedangkan rhea besar hanya memiliki tinggi sekitar 1,5 meter.

Sosial
Burung kasuari merupakan hewan soliter, mereka hanya akan berkumpul pada musim kawin, bertelur dan pada saat ada sumber makanan. Sedangkan rhea besar biasanya akan membentuk kawanan dengan jumlah anggota sekitar 10-100 burung.

Masa inkubasi
Telur kasuari akan dierami oleh pajantan selama 50-52 hari. Sedangkan rhea besar memiliki masa pengeraman sekitar 29-43 hari.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »