Perbedaan Panda Raksasa dan Panda Merah

Perbedaan panda raksasa dan panda merah

Hewan mamalia apa yang identik dengan bambu? Pasti Anda akan menjawab panda. Sebenarnya ada dua hewan yang identik dengan bambu, dan keduanya adalah panda. Yang pertama adalah panda raksasa (yang terkenal) dan yang kedua adalah panda merah. Kedua hewan ini sama-sama memakan bambu dan memiliki "jempol" palsu. Lalu apa perbedaan antara keduanya?

Perbandingan Taxonomi

Panda RaksasaPanda Merah
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Carnivora Carnivora
Familia Ursidae Ailuridae
Genus Ailuropoda Ailurus
Spesies A. melanoleuca A. fulgens

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Singa dan Hyena Tutul

Nama lain
Panda raksasa juga dikenal sebagai beruang panda atau panda. Sedangkan panda merah dikenal sebagai panda kecil, beruang merah, dan kucing merah.

Morfologi
Panda raksasa mudah dikenali karena adanya bercak hitam besar di sekitar matanya, di telinganya, dan dibagian tubuhnya. Sedangkan panda merah dicirikan dengan bulu berwarna coklat kemerahan, ekornya panjang, dan gaya berjalan yang unik.

Makanan
Makanan utama panda raksasa adalah bambu (mendekati 99%). Sedangkan panda merah, selain menjadikan bambu sebagai makanan utamanya, panda merah juga akan memakan telur, burung dan serangga.

Kerabat dekat
Panda raksasa berkerabat dekat dengan beruang. Sedangkan panda merah berkerabat dekat dengan luwak.

Hubungan antara keduanya (panda raksasa dan panda merah)
Meski memiliki nama, habitat, makanan dan tulang pseudo thumb yang sama, namun keduanya merupakan kerabat jauh, dan merupakan contoh evolusi konvergen.

Persebaran habitat
Panda raksasa tersebar di Cina tengah sampai Cina bagian selatan. Sedangkan panda merah tersebar di hutan Himalaya (Nepal barat sampai ke Cina).

Panjang tubuh
Panda raksasa memiliki panjang tubuh sekitar 1,2-1,8 meter. Sedangkan panda merah memiliki panjang tubuh sekitar 50-64 cm.

Panjang ekor
Panda raksasa memiliki ekor dengan panjang sekitar 10-15 cm. Sedangkan panda merah memiliki ekor dengan panjang sekitar 28-59 cm.

Berat tubuh
Panda raksasa memiliki berat sekitar 160 kg (jantan) dan 70-125 kg (betina). Sedangkan panda merah memiliki berat sekitar 3,7-6,2 kg (jantan) dan 3-6 kg (betina).

Masa gestasi/kehamilan
Panda raksasa memiliki masa kehamilan sekitar 95-160 hari. Sedangkan panda merah memiliki masa kehamilan sekitar 112-158 hari.

Anak yang baru lahir
Anak panda raksasa yang baru lahir memiliki berat sekitar 100-300 gram dengan panjang 15-17 cm. Sedangkan panda merah memiliki berat sekitar 110-130 gram.

Predator
Predator alami dari panda raksasa yaitu macan tutul, anjing liar, dan beruang hitam Asia. Sedangkan predator alami dari panda merah adalah macan tutul salju.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »