21 Fakta Unik Tikus Coklat

Fakta unik tentang tikus coklat

Tikus Coklat / Brown Rat (Rattus norvegicus)

Tikus, hewan yang sering kita lihat sehari-hari, terutama tikus coklat, pasti Anda pernah melihat tikus tersebut. Tikus ini merupakan tikus yang paling dikenal dan umum ditemui di rumah-rumah atau lingkungan sekitar.

1. Tikus coklat diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas mamalia, ordo rodentia, famili muridae, dan genus Rattus.

2. Tikus coklat merupakan salah satu tikus yang paling dikenal dan paling sering dijumpai.

3. Karena populasi tikus coklat yang tersebar luas, status konservasinya adalah Least Concern atau paling tidak diperhatikan.

4. Tikus coklat juga dikenal sebagai tikus biasa, tikus jalanan, tikus got, tikus hanover, tikus norwegia, tikus paris, tikus air dan tikus dermaga.

5. Tikus coklat memiliki panjang sekitar 28 cm (diukur dari kepala sampai tubuh).

6. Tikus coklat memiliki berat sekitar 140-500 gram.

7. Kemungkinan tikus coklat berasal dari Cina bagian utara, namun sekarang hewan ini telah menyebar ke seluruh dunia (kecuali Antartika). Tikus ini juga merupakan tikus yang dominan di benua Eropa dan Amerika Utara.

8. Karena populasinya yang tersebar luas, tikus coklat merupakan hewan mamalia yang paling sukses di planet bumi (bersama dengan manusia, tentunya).

9. Tikus coklat telah dikembangbiakan secara selektif menghasilkan keturunan berupa tikus putih, yang sekarang jadi hewan percobaan di laboratorium.

10. Tikus coklat memiliki bulu (rambut) yang kasar dengan warna coklat atau abu-abu.

Baca Juga: 20 Fakta Unik Kerbau

11. Tikus coklat memiliki pendengaran yang sensitif terhadap suara ultrasonik, dan memiliki indera penciuman yang sangat berkembang.

12. Tikus coklat memiliki rata-rata denyut jantung sekitar 300-400 denyut per menit, dengan tingkat pernapasan sekitar 100 per menit.

13. Tikus coklat merupakan hewan nokturnal dan merupakan hewan yang ahli dalam berenang.

14. Tikus dewasa akan memancarkan vokalisasi ultrasonik sebagai respon terhadap predator dan bahaya. Pada saat kawin, tikus betina juga melakukan vokalisasi ultrasonik.

15. Tikus coklat merupakan hewan omnivora sejati, dan akan memakan apapun yang bisa dimakan. Namun makanan utamanya adalah makanan sereal.

16. Tikus coklat dapat berkembang biak sepanjang tahun asalkan kondisi memungkinkan.

17. Masa gestasi dari tikus coklat betina yaitu sekitar 21 hari dan akan melahirkan 5-14 ekor anak.

18. Tikus coklat mencapai kematangan seksual pada umur 5 minggu dan memiliki masa hidup sekitar 3 tahun.

19. Pejantan tikus coklat yang dominan memiliki keberhasilan pembuahan yang tinggi. Hal ini dikarenakan tikus betina cenderung menggunakan sperma jantan yang dominan untuk pembuahan.

20. Tikus coklat merupakan hewan yang teritorial, mereka biasanya akan agresif terhadap satu sama lain.

Baca Juga: 22 Fakta Unik Kudanil Kerdil

21. Mirip dengan tikus lainnya, tikus coklat juga dapat membawa sejumlah patogen, yang dapat menyebabkan penyakit

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »