22 Fakta Unik Berang-berang Laut

Fakta unik tentang berang-berang laut

Berang-berang Laut / Sea Otter (Enhydra lutris)

Jika ada berang-berang yang dapat membuat bendungan, kali ini kita akan membahas berang-berang yang hidup di laut (tepatnya pada pantai). Meski memiliki nama berang-berang, namun sebenarnya berang-berang ini memiliki kekerabatan yang jauh dengan berang-berang yang bisa membuat bendungan.

1. Berang-berang laut diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas mamalia, ordo carnivora, famili mustelidae, subfamili lutrinae, dan genus Enhydra.

2. Status konservasi berang-berang laut adalah endangered, atau terancam punah.

3. Berang-berang laut dapat ditemukan di pantai bagian utara dan timur Samudera Pasifik.

4. Berang-berang ini memiliki berat sekitar 14-45 kg, dan hal ini membuat mereka menjadi spesies terberat dari keluarga musang. Meski begitu, berang-berang laut juga menyandang predikat "mamalia laut terkecil".

5. Berbeda dengan mamalia laut lainnya, berang-berang laut memiliki bulu yang sangat tebal dan merupakan hewan dengan bulu terpadat di kingdom animalia.

6. Mangsa utama berang-berang laut adalah bulu babi, moluska, ikan dan krustasea.

7. Berang-berang laut dapat secara ekslusif hidup di lautan.

8. Dibandingkan dengan cetacea yang memasuki laut sekitar 50 juta tahun yang lalu. Sirenia, 40 juta tahun yang lalu, dan pinniped, 20 juta tahun yang lalu. Berang-berang laut merupakan pendatang baru di ekosistem laut.

9. Dalam beberapa hal, berang-berang laut lebih adaptif di lingkungan laut dibandingkan dengan pinnip (anjing laut, singa laut) yang harus ke darat/es untuk melahirkan.

10. Ada 3 subspesies dari berang-berang laut. Semuanya dibedakan berdasarkan distribusi geografis yang berbeda.

Baca Juga: 25 Fakta Unik Rakun

11. Bulu berang-berang laut yang tebal membuatnya lebih gemuk dan besar saat berada di darat.

12. Berang-berang laut memiliki panjang sekitar 1,2-1,5 meter.

13. Tidak seperti mamalia laut lainnya, berang-berang laut tidak memiliki lemak dan bergantung pada bulunya yang tebal untuk menghangatkan tubuh.

14. Berang-berang laut dapat menutup hidung dan telinganya ketika berada di dalam air.

15. Berang-berang laut dapat berenang hingga kecepatan sekitar 9 km/jam.

16. Berang-berang laut merupakan hewan diurnal, yang artinya berang-berang laut ini atif di siang hari.

17. Berang-berang laut merupakan satu-satunya mamalia laut yang menangkap ikan menggunakan kaki depannya, bukan dengan mulut.

18. Meski dalam mencari makan biasanya dilakukan secara independen, namun berang-berang laut biasanya akan beristirahat bersama membentuk suatu kumpulan berang-berang terapung.

19. Berang-berang laut memiliki sifat poligini, yang artinya pejantan memiliki banyak pasangan betina.

20. Masa gestasi dari berang-berang laut yaitu sekitar 4-12 bulan dan akan melahirkan satu ekor anak, dengan berat sekitar 1,4-2,3 kg (kelahiran berlangsung di air).

Baca Juga: 23 Fakta Unik Sapi

21. Berang-berang laut jantan mencapai kematangan seksual pada umur 5 tahun, sedangkan yang betina mencapai kematangan seksual pada umur 3-4 tahun.

22. Usia maksimum berang-berang laut yaitu sekitar 23 tahun.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »