22 Fakta Unik Hewan Berkuku Genap

Fakta unik hewan berkuku genap

Hewan Berkuku Genap / Even-toed ungulates / Artiodactyla

Hewan berkuku genap, hewan yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari (sapi, kambing, babi), termasuk mengkonsumsi dagingnya, atau meminum susunya. Dalam artikel ini kita akan membahas fakta-fakta unik tentang hewan berkuku genap.

1. Hewan berkuku genap diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas mamalia, subkelas theria, infrakelas eutheria, magnordo boreoeutheria, dan superordo laurasiatheria.

2. Hewan berkuku genap menanggung berat badannya pada jari ketiga dan keempat. Hal ini berbeda dengan hewan berkuku ganjil seperti kuda, yang menanggung berat badannya pada jari ketiga.

3. Ada sekitar 220 spesies hewan berkuku genap, diantaranya adalah babi, kuda nil, unta, llama, alpaca, kancil, rusa, jerapah, antelop, domba, kambing, dan sapi.

4. Fosil tertua dari hewan berkuku genap berasal dari Eosen awal (sekitar 53 juta tahun yang lalu).

5. Klasifikasi artiodactyla (hewan berkuku genap) diperdebatkan dengan sengit, karena cetacea yang hidup di laut berevolusi dari hewan berkuku genap yang hidup di darat. Kudanil juga lebih berkerabat dengan cetacea (paus) dibandingkan dengan hewan berkuku genap lainnya. Dalam taksonomi modern, artiodactyla dirubah menjadi cetartiodactyla yang mencakup paus dan lumba-lumba.

6. Babi dan kuda nil memiliki gigi geraham yang berkembang dengan baik dan perut sederhana yang mencerna makanan. Hal ini membuat mereka dibedakan dari ruminansia, seperti sapi, dan kambing.

7. Taksonomi modern membagi cetartiodactyla kedalam 5 takson, yaitu tylopoda, suina, ruminansia, ancodonta, dan cetacea.

8. Rusa tikus adalah hewan berkuku genap terkecil. Beratnya hanya sekitar 1,5 kg, dengan panjang 45 cm.

9. Hewan berkuku genap terbesar adalah kuda nil, dengan panjang sekitar 5 meter dan berat sekitar 5 ton.

10. Sedangkan hewan berkuku genap tertinggi adalah jerapah yang dapat mencapai tinggi sekitar 5,5 meter.

Baca Juga: 26 Fakta Unik Anteater Raksasa

11. Hewan berkuku genap juga menunjukkan dimorfisme seksual, dengan hampir secara konsisten pejantan lebih besar dan lebih berat dari betina.

12. Kudanil memiliki 4 jari. Babi dan banyak ungulata lainnya memiliki dua jari kaki dan jari kaki kedua dan kelima diarahkan ke belakang. Sedangkan unta hanya memiliki dua jari kaki.

13. Empat famili dari hewan berkuku genap memiliki cranial appendages, dan memiliki satu dari empat jenis tanduk di kepalanya (tanduk sejati, antlers, ossicones, atau pronghorns).

14. Tanduk sejati memliki inti tulang yang ditutupi selubung keratin, dan hanya ditemukan di bovid (sapi dan kerabatnya). Tanduk/antlers adalah struktur tulang yang dapat diganti setiap tahun, tanduk ini dapat ditemukan pada rusa. Ossicones adalah struktur tulang permanen, yang hanya ditemukan di jerapah dan okapi. Sedangkan pronghors mirip dengan tanduk sejati.

15. Tanduk biasanya berfungsi untuk berpose, berkelahi, dan berjuang untuk mendapatkan hak kawin. Tanduk pejantan biasanya lebih besar dari tanduk betina.

16. Hewan berkuku genap memiliki indra penciuman dan pendengaran yang berkembang dengan baik.

17. Tidak seperti mamalia lainnya, hewan berkuku genap memiliki penglihatan yang buruk.

18. Unta dan kerabat dekatnya memiliki perut 3 bilik. Ruminansia memiliki perut 4 bilik. Sebagian besar spesies babi memiliki perut 2 bilik (diet omnivora). Kuda nil memiliki perut 3 bilik.

19. Hewan berkuku ganjil menghuni hampir setiap habitat, mulai dari hutan tropis, stepa, sampai gurun dan daerah di pengunungan tinggi.

20. Perilaku sosial dari hewan berkuku genap memiliki perbedaan yang bervariasi antar spesies.

Baca Juga: 27 Fakta Unik Aardvark

21. Umumnya hewan berkuku genap memiliki masa kehamilan yang panjang, jumlah anak yang lebih sedikit, dan anak yang langsung bisa berdiri pada saat pertama dilahirkan.

22. Hewan berkuku genap yang memiliki rentang hidup terpanjang adalah kuda nil, sapi dan unta.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »