26 Fakta Unik Bison Eropa

Fakta unik tentang bison eropa

Bison Eropa / Europan Bison (Bison bonasus)

Ternyata bison itu tidak hanya ada di Amerika Utara, melainkan ada di Eropa. Namun bison di Eropa ini merupakan spesies yang terpisah dengan bison Amerika Utara. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang bison Eropa.

1. Bison Eropa diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas mamalia, ordo artiodactyla, famili bovidae, subfamili bovinae, dan genus Bison.

2. Status konservasi dari bison Eropa yaitu Vulnerable, atau rentan.

3. Bison Eropa juga dikenal sebagai bijak atau bison kayu Eropa, dan merupakan satu dari dua spesies bison.

4. Kerabat terdekat bison Eropa adalah bison Amerika Utara.

5. Pada awal abad ke-20, bison Eropa diburu hingga mencapai populasi yang mengkhawatirkan. Serta mengakibatkan punahnya beberapa subspesies bison (dan saat ini hanya tersisa satu subspesies).

6. Predator alami bison adalah serigala abu-abu dan beruang. Namun, karena adanya manusia populasi mereka menjadi berkurang.

7. Bison Eropa merupakan hewan nasional dari negara Polandia dan Belarusia.

8. Bison Eropa merupakan hewan darat liara terberat yang mampu bertahan hidup di Eropa.

9. Bison Eropa memiliki panjang sekitar 2,1-3,5 meter (yang diukur dari kepala-badan).

10. Ekor bison Eropa memiliki panjang sekitar 30-80 cm.

Baca Juga: 24 Fakta Unik Babi Hutan

11. Bison Eropa memiliki tinggi badan sekitar 1,6-1,95 meter.

12. Anak bison Eropa yang baru lahir memiliki berat sekitar 15-35 kg.

13. Bison Eropa jantan yang telah mencapai umur 6 tahun biasanya akan memiliki berat rata-rata sekitar 634 kg, dengan rentang 400-920 kg. Sedangkan bison Eropa betina memiliki berat rata-rata sekitar 424 kg, dengan rentang 300-540 kg.

14. Bison Eropa memiliki rata-rata berat tubuh yang sedikit lebih ringan dibandingkan dengan bison Amerika dan tubuh yang lebih tinggi.

15. Jika dibandingkan dengan bison Amerika. Bison Eropa memiliki rambut yang lebih pendek, namun ekor dan tanduknya memiliki ukuran yang lebih panjang.

16. Bison Eropa bertahan hidup di beberapa hutan alam di Eropa, tetapi jumlah mereka menyusut. Sedangkan bison Eropa terakhir di Transylvania meninggal pada tahun 1790.

17. Selama perang dunia 1, tentara Jerman memburu 600 bison Eropa di Hutan Bialowieza untuk tujuan olahraga, daging, kulit dan tanduk.

18. Bison Eropa dapat kawin silang dengan bison Amerika.

19. Berdasarkan studi DNA mitokondria tahun 2003, bison Eropa merupakan keturunan hibrid dari spesies Bos primigenius dan Bison priscus, yang keduanya telah punah.

20. Berdasarkan sekuensing genom bison Eropa pada tahun 2016 menunjukkan bahwa bison terpisah dengan bovine sekitar 1,7-0,85 juta tahun yang lalu.

Baca Juga: 20 Fakta Unik Gazelle Thomson

21. Berbeda dengan bison Amerika yang memiliki 15 pasang iga, bison Eropa memiliki 14 pasang iga.

22. Bison Eropa cenderung mencari makanan berupa daun dari pada rumput, hal ini berbeda dengan bison Amerika yang lebih suka merumput (kemungkinan karena perbedaan leher).

23. Bison Eropa memiliki masa gestasi sekitar 264 hari, dan akan melahirkan satu ekor anak.

24. Bison Eropa jantan mencapai kematangan seksual pada usia 2 tahun, sedangkan bison Eropa betina mencapai kematangan seksual pada usia 3 tahun.

25. Bison Eropa dapat hidup hingga umur 30 tahun (di penangkaran), sedangkan jika di alam liar bison Eropa memiliki umur yang lebih pendek.

26. Bison jantan dewasa dapat menghabiskan 32 kg makanan dalam sehari.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »