Daftar Spesies Hewan Dari Ordo Monotremata

Daftar spesies hewan monotremata

Pernah mendengar nama platipus? Ituloh, hewan mamalia yang dapat bertelur, dan yang sering diajarkan di mata pelajaran IPA (kelas SD/SMP). Hewan ini biasanya menjadi perwakilan dari mamalia bertelur. Namun ternyata hewan mamalia yang bertelur itu tidak hanya platipus. Masih ada 4 spesies lainnya lagi (yang akan ada di daftar list artikel ini).

Hewan mamalia bertelur (monotremata) dikenal karena keunikannya dalam bereproduksi. Tidak seperti mamalia lainnya yang berkembang biak dengan melahirkan, semua spesies monotremata berkembang biak dengan cara bertelur.

Namun, keunikan hewan ini sebenarnya merupakan hal yang wajar jika dilihat dari sudut pandang evolusi. Semua hewan mamalia merupakan keturunan dari hewan reptil, dan monotremata merupakan satu-satunya ordo yang masih mewarisi karakteristik bertelur. Monotremata juga biasanya disebut sebagai hewan primitif (relatif terhadap mamalia lainnya).

  1. Ornithorhynchus anatinus - Platipus (Platypus) - Australia bagian timur
  2. Tachyglossus aculeatus - Ekidna berparuh pendek (Short-beaked echidna) - Australia dan Papua Nugini
  3. Zaglossus attenboroughi - Ekidna berparuh panjang david (Sir David's long-beaked echidna) - Papua Indonesia dan Papua Nugini
  4. Zaglossus bartoni - Ekidna timur berparuh panjang (Eastern long-beaked echidna) - Papua Indonesia dan Papua Nugini
  5. Zaglossus bruijni - Ekidna barat berparuh panjang (Western long-beaked echidna) - Papua Indonesia

Itulah 5 spesies dari ordo monotremata. Selain platipus, 4 spesies lainnya merupakan salah satu contoh evolusi konvergen dari hewan-hewan seperti landak.

Bagi Anda yang ingin mempelajari tentang evolusi, silahkan baca-baca artikel di blog ini: Index: Daftar Artikel Tentang Evolusi. Kenapa harus mempelajari evolusi? Ya, rasanya ada yang kurang jika kita tahu tentang spesies-spesies atau taksonomi tapi tidak paham evolusi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »