Kenapa Ada Manusia?

Kenapa ada manusia?

Pernakah Anda bertanya dan penasaran tentang eksistensi (keberadaan) manusia. Mungkin Anda pernah penasaran akan hal itu, dan hal itu ditanyakan oleh Anda sewaktu Anda kecil, lalu Anda diberi jawaban berupa kisah penciptaan. Namun, kenapa sih ada manusia jika dijawab dari sudut pandang sains? Apakah sains bisa menjawab pertanyaan tersebut? Jawabannya adalah "Ya, sains bisa menjawab dan menjelaskan".

Sebelum kita mengetahui proses apa yang mendasari keberadaan manusia. Kita harus memahami dulu apa itu manusia. Manusia adalah salah satu spesies dari kera besar (Baca juga: Posisi Manusia Dalam Taksonomi), yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata hewan primata. Dalam hal ini, meski kita memiliki kecerdasan yang tinggi, serta postur tubuh yang tegak, namun masih memiliki karakteristik sebagai makhluk hidup (benapas, bereproduksi), karakteristik sebagai hewan primata (memiliki 4 jari dengan 1 jempol), dan terutama karakteristik sebagai kera (tidak memiliki ekor). Kita tidak lain dan tidak bukan hanyalah seekor primata yang memiliki kecerdasan.

Semua makhluk hidup yang ada di bumi merupakan keturunan dari nenek moyang bersama yang hidup miliaran tahun yang lalu (merujuk pada LUCA). Sama seperti spesies lainnya, manusia juga mengikuti aturan-aturan di alam (hukum alam). Kita membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Kita juga melakukan reproduksi untuk mendapatkan keturunan.

Evolusi, sebuah proses panjang yang melatarbelakangi keanekaragaman makhluk yang ada di bumi ini telah terjadi selama replikator pertama muncul sampai sekarang ini juga berlaku pada manusia. Kita tidak lain dan tidak bukan merupakan salah satu produk dari proses evolusi miliaran tahun.

Tapi, kenapa ada manusia? Kenapa proses evolusi menghasilkan spesies yang cerdas seperti manusia? Apakah semua ini sudah direncanakan?

Jawabannya adalah karena makhluk hidup mengalami proses evolusi. Kebetulan ada manusia cerdas yang muncul diantara spesies-spesies kera besar lainnya. Kebetulan ada kera yang lebih cerdas dibandingkan dengan primata lainnya. Kebetulan ada primata, yang lebih cerdas dari hewan mamalia lainnya. Dan seterusnya... Seandainya saja dinosaurus tidak punah, kemungkinan mamalia masih tetap berupa hewan seperti tikus dan tidak ada jalan bagi mamalia untuk menghasilkan produk (melalui evolusi) seperti manusia.

Manusia bukanlah makhluk yang spesial, tapi makhluk yang memiliki kecerdasan dan mampu mendominasi bumi hanya dalam beberapa ribu tahun.

Sama seperti pertanyaan "kenapa ada simpanse?", "kenapa ada orangutan?", "kenapa ada gorilla". Jawaban singkatnya adalah karena ada proses evolusi. Jawaban detailnya itu tergantung sejarah evolusi masing-masing spesies.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »