Perbedaan Badak Putih dan Badak Hitam

Perbedaan badak putih dan badak hitam

Ada dua spesies badak yang berada di Afrika, yaitu spesies badak hitam dan badak putih. Keduanya sama-sama merupakan badak bercula dua. Dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan antara keduanya.

Perbandingan Taxonomi

Badak PutihBadak Hitam
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Perissodactyla Perissodactyla
Familia Rhinocerotidae Rhinocerotidae
Genus Ceratotherium Diceros
Spesies C. simun D. bicornis

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Dugong dan Manate Amazon

Ukuran
Badak putih merupakan spesies badak terbesar. Lebih besar dari badak hitam (ukuran badak hitam hampir sama dengan badak jawa di Indonesia).

Fungsi Mulut
Badak putih memiliki mulut lebar dan lurus yang digunakan untuk merumput. Sedangkan badak hitam memiliki bibir atas yang runcing dan dapat memegang, yang berfungsi untuk memakan daun.

Interaksi Sosial
Badak putih merupakan badak yang paling sosial diantara semua kerabatnya (biasanya membentuk kelompok yang terdiri dari 14 individu). Sedangkan badak hitam merupakan hewan soliter, yang berkumpul hanya pada saat musim kawin.

Subspesies
Badak putih hanya memiliki 2 subspesies, sedangkan badak hitam memiliki 5 subspesies.

Total Populasi
Di tahun 2015, jumlah total populasi badak putih mencapai 21.077 individu. Sedangkan di tahun 2008, jumlah total populasi badak hitam hanya mencapai 4.240 individu. Yang berarti jumlah populasi badak putih lebih banyak dari populasi badak hitam.

Panjang Tubuh
Badak putih memiliki badan dengan panjang (kepala-badan) sekitar 3,7-4,5 pada pejantan dan 3,4-3,65 m pada betina. Sedangkan badak hitam hanya memiliki panjang sekitar 3-3,75 m.

Tinggi Badan
Badak putih memiliki tinggi sekitar 160-177 cm (betina) dan 170-186 cm (pejantan). Sedangkan badak hitam memiliki tinggi sekitar 800-1.400 kg.

Berat Badan
Badak putih dewasa memiliki berat sekitar 2.300 kg (jantan) dan 1.700 kg (betina). Sedangkan badak hitam memiliki berat rata-rata sekitar 800-1.400 kg (betina lebih keci dari jantan).

Panjang Cula Depan
Badak putih memiliki cula dengan panjang sekitar 60-150 cm. Sedangkan cula badak hitam hanya mencapai 50-140 cm.

Punuk
Badak putih memiliki punuk yang lebih menonjol di belakang lehernya dibandingkan dengan badak hitam.

Warna Kulit
Badak putih memiliki warna coklat kekuningan sampai abu-abu. Sedangkan badak hitam memiliki warna coklat sampai abu-abu.

Kecepatan
Badak putih dapat berlari hingga kecepatan 50 km/jam. Sedangkan badak hitam dapat berlari hingga kecepatan 55 km/jam.

Kematangan Seksual
Badak putih mencapai kematangan seksual pada umur 6-7 tahun (betina) dan 10-12 tahun (jantan). Sedangkan badak hitam mencapai kematangan seksual pada umur 5-7 tahun (betina) dan 7-8 tahun (jantan).

Masa Gestasi
Masa gestasi dari badak putih yaitu sekitar 16 bulan. Sedangkan masa gestasi dari badak hitam hanya mencapai 15 bulan.

Anak Yang Baru Lahir
Anak badak putih yang baru lahir memiliki berat sekitar 40-65 kg. Sedangkan anak badak hitam yang baru lahir memiliki berat sekitar 35-50 kg.

Umur
Badak putih memiliki masa hidup sekitar 40-50 tahun. Sedangkan badak hitam memiliki masa hidup sekitar 35-50 tahun.

Persebaran Geografis
Badak putih dapat ditemukan di Afrika Selatan, Namibia, Zimbabwe, Kenya dan Uganda. Sedangkan badak hitam memiliki persebaran di Afrika Timur, dan Afrika Selatan, termasuk Botswana, Kenya, Malawi, Mozambik, Namibia, Tanzania, dan Zimbabwe.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »