Perbedaan Badak Putih dan Badak India

Perbedaan badak putih dan badak india

Ada sekitar 5 spesies badak. 2 di Afrika dan 3 di Asia. Dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan antara badak india dan badak putih. Keduanya memang sama-sama badak, tapi memiliki karakteristik yang sangat berbeda.

Perbandingan Taxonomi

Badak PutihBadak India
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Perissodactyla Perissodactyla
Familia Rhinocerotidae Rhinocerotidae
Genus Ceratotherium Rhinoceros
Spesies C. simum R. unicornis

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Kasuari dan Rhea Besar

Nama Lain
Nama lain dari badak putih adalah badak berbibir persegi. Sedangkan nama lain dari badak india yaitu badak bercula satu dan badak besar india.

Perbandingan Tubuh
Badak putih merupakan badak terbesar. Dengan kata lain badak putih lebih besar dari badak india (badak india merupakan badak terbesar kedua).

Interaksi Sosial
Badak putih merupakan badak yang paling sosial diantar semua spesies badak. Sedangkan badak india juga merupakan hewan sosial (meski umumnya pejantan bersifat soliter).

Jumlah Total Populasi
Di tahun 2015, diperkirakan jumlah badak putih mencapai 19.682-21.077 individu. Sedangkan pada tahun yang sama, jumlah badak india lebih sedikit, yaitu sekitar 3.555 individu di alam liar.

Panjang Tubuh
Badak putih memiliki panjang (kepala-badan) sekitar 3,7-4,5 m (jantan) dan 3,4-3,65 m (betina). Sedangkan badak india memiliki panjang tubuh sekitar 3,68-3,8 m (jantan) dan 3,1-3,4 m (betina).

Tinggi Badan
Badak putih memiliki tinggi sekitar 160-177 cm (betina) dan 170-186 cm (jantan). Sedangkan tinggi badak india yaitu 170-186 cm (jantan) dan 148-173 cm (betina).

Berat Badan
Badak putih memiliki berat sekitar 2.300 kg (jantan) dan 1.700 kg (betina). Sedangkan badak india memiliki berat sekitar 2.200 kg (jantan) dan 1.600 kg (betina).

Panjang Cula
Cula depan badak putih memiliki panjang sekitar 60-150 cm. Sedangkan cula badak india memiliki panjang sekitar 25 cm.

Ciri Khas
Badak putih memiliki punuk yang terlihat di belakang lehernya. Sedangkan pejantan badak india memiliki lipatan-lipatan kulit yang besar.

Warna Kulit
Badak putih memiliki warna coklat kekuningan hingga abu-abu. Sedangkan badak india memiliki warna coklat abu-abu tebal dengan lipatan kulit berwarna merah muda.

Kecepatan
Badak putih dapat berlari hingga kecepatan 50 km/jam. Sedangkan badak india sedikit lebih cepat, yaitu sekitar 55 km/jam.

Masa Gestasi
Masa gestasi dari badak putih yaitu sekitar 16 bulan. Sedangkan badak india hanya sekitar 15,7 bulan.

Persebaran Geografis
Badak putih dapat ditemukan di Afrika Selatan, Namibia, Zimbabwe, Kenya dan Uganda. Sedangkan badak india tersebar di India.

Adanya Benjolan
Kulit badak putih terkesan mulus jika dibandingkan dengan badak india. Karena badak india memiliki benjolan-benjolan mirip kutil di kaki bagian atas dan pundaknya.

Cara Bertarung
Badak putih menggunakan culanya untuk bertarung. Sedangkan badak india menggunakan gigi serinya untuk bertarung.

Kerabat Dekat
Kerabat terdekat badak putih adalah badak hitam dan badak sumatera. Sedangkan kerabat dekat badak india adalah badak jawa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »