Perbedaan Kudanil dan Kudanil Kerdil

Perbedaan kudanil dan kudanil kerdil

Kudanil, hewan yang terkenal karena bentuknya yang gemuk dan sifatnya yang suka berendam di bawah air. Juga memiliki gigi yang khas, namun tahukah Anda jika ada dua spesies kudanil? Dan dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan antara keduanya.

Perbandingan Taxonomi

KudanilKudanil Kerdil
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Artiodactyla Artiodactyla
Familia Hippopotamidae Hippopotamidae
Genus Hippopotamus Choeropsis
Spesies H. amphibius C. liberiensis

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Beruang Sloth dan Beruang Hitam Asia

Kebiasaan
Kudanil merupakan hewan semiakuatik yang biasanya sering berendam di air. Namun kudanil kerdil memiliki adaptasi yang lebih terestrial dibandingkan dengan kudanil biasa.

Ukuran
Kudanil merupakan hewan darat terbesar ke-3 setelah gajah dan badak. Sedangkan kudanil kerdil mungkin tidak masuk kedalam 10 hewan darat terbesar.

Berat Tubuh
Kudanil dewasa memiliki berat sekitar 1.500 kg. Sedangkan kudanil kerdil hanya memiliki berat sekitar 180-275 kg (tidak sampai setengahnya berat kudanil).

Kerabat Dekat
Kedua spesies ini merupakan kerabat dekat dari cetacea (paus dan lumba-lumba) yang memiliki moyang bersama sekitar 60 juta tahun yang lalu.

Kaki
Secara proporsional, kaki dan leher kudanil kerdil lebih panjang dan kepalanya lebih kecil jika dibandingkan dengan kudanil biasa.

Gigitan
Kudanil memiliki kekuatan gigitan sekitar 8.100 newton. Sedangkan kudanil kerdil kemungkinan memiliki kekuatan gigitan yang lebih lemah.

Umur
Kudanil dapat berumur hingga 40-50 tahun. Sedangkan kudanil kerdil juga dapat mencapai umur yang sama dengan kudanil (namun hanya di penangkaran).

Persebaran Geografis
Saat ini kudanil dapat ditemukan di Republik Demokratik Kongo, Uganda, Tanzania, Afrika Selatan dan Kenya. Sedangkan kudanil kerdil hanya dapat ditemukan di rawa-rawa Afrika Barat, Liberia, Sierra Leone, Guinea, dan Pantai Gading.

Warna Kulit
Kudanil lebih terlihat merah muda jika dibandingkan dengan kudanil kerdil yang terkesan hitam.

Kematangan Seksual
Kudanil mencapai kematangan seksual pada umur 5 tahun (betina) dan umur 7 tahun (jantan). Sedangkan kudanil kerdil mencapai kematangan seksual pada umur 3-5 tahun.

Musuh Alami
Karena ukurannya yang besar, biasanya kudanil hanya berdampingan dengan buaya. Sedangkan kudanil kerdil dapat dimangsa oleh buaya, macan tutul dan ular piton.

Masa Gestasi
Masa gestasi dari kudanil yaitu sekitar 8 bulan. Sedangkan masa gestasi dari kudanil kerdil hanya mencapai 190-210 hari.

Anak
Anak kudanil yang baru lahir memiliki berat sekitar 50 kg dengan panjang sekitar 127 cm. Sedangkan anak kudanil kerdil yang baru lahir hanya memiliki berat sekitar 4,5-6,2 kg.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »