Perbedaan Unta Arab dan Unta Baktrian

Perbedaan unta arab dan unta baktrian

Bicara tentang unta, Anda pasti tahu betul apa itu hewan unta. Pasti Anda akan membayangkan sebuah padang pasir sebagai habitat unta. Namun, tahukah Anda bahwa unta terbagi menjadi 3 spesies. Dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan unta berpunuk satu (unta Arab) dan unta berpunuk dua (unta baktrian).

Perbandingan Taxonomi

Unta ArabUnta Baktrian
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Artiodactyla Artiodactyla
Familia Camelidae Camelidae
Genus Camelus Camelus
Spesies C. dromedarius C. bactrianus

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Hamster dan Tikus Rumah

Jumlah Punuk
Unta arab memiliki satu punuk, sedangkan unta baktrian memiliki dua punuk. Ini merupakan karakteristik yang paling jelas untuk membedakan antara keduanya.

Tinggi Badan
Unta arab memiliki tinggi sekitar 1,8-2 meter (jantan) dan 1,7-1,9 meter (betina). Sedangkan tinggi unta baktrian yaitu sekitar 1,8-2,3 meter. Jadi, unta baktrian lebih tinggi dari unta arab.

Berat Badan
Unta arab memiliki berat sekitar 400-600 kg (jantan) dan 300-540 kg (betina). Sedangkan berat unta baktrian dapat mencapai 300-1000 kg.

Warna Tubuh
Unta arab memiliki tubuh berwarna coklat. Sedangkan unta baktrian memiliki tubuh dengan warna coklat gelap hingga kuning berpasir.

Masa Gestasi
Unta arab memiliki masa gestasi sekitar 15 bulan. Sedangkan unta baktrian memiliki masa gestasi yang lebih pendek, yaitu 13 bulan.

Domestikasi
Unta arab telah didomestikasi sekitar 4000 SM di Somalia atau semenanjung Arab. Sedangkan unta baktrian telah didomestikasi sekitar 2500 SM di Timur Laut, Afganistan.

Perbandingan Tubuh
Unta arab memiliki tubuh yang lebih kecil dari unta baktrian. Sedangkan unta baktrian sendiri merupakan unta terbesar dari 3 spesies unta.

Hibrid
Kedua spesies ini dapat kawin silang dan menghasilkan anak fertil (subur).

Rambut
Unta arab memiliki rambut yang lebih pendek dan sedikit jika dibandingkan dengan unta baktrian.

Persebaran Habitat
Unta arab dapat ditemukan di Timur Tengah dan Benua Afrika (dan benua Australia). Sedangkan unta baktrian hanya dapat ditemukan di Asia Tengah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »