17 Fakta Unik Kelelawar Vampir

Fakta unik tentang kelelawar vampir

Kelelawar Vampir / Common Vampire Bat (Desmodus rotundus)

Pernah mendengar tentang kelelawar vampir? Kedengarannya menyeramkan yah? Namun tidak hanya sekedar nama, kelelawar vampir memiliki perilaku yang sama dengan vampir-vampir yang ada di film-film, yaitu suka menghisap darah.

1. Kelelawar vampir diklasifikasikan kedalam kingdom animalia filum chordata, kelas mamalia, ordo chiroptera, famli phyllostomidae, dan genus Desmodus.

2. Status konservasi dari kelelawar vampir adalah Least Concern atau paling tidak diperhatikan.

3. Kelelawar vampir merupakan spesies endemik dari benua Amerika. Terutama Amerika Selatan, Meksiko, dan Amerika Tengah.

4. Kelelawar vampir akan memakan darah ternak (sapi) pada saat malam hari, ketika sapi dan hewan ternak lainnya sedang tidur. Kelelawar vampir menggunakan taringnya yang tajam untuk memotong kulit dari inangnya dan menjilati darah mangsa dengan lidahnya yang panjang.

5. Kelelawar vampir jantan yang dominan biasanya akan menguasi banyak betina dalam satu kelompok.

6. Kelelawar vampir juga menunjukkan perilaku sosial, seperti saling merawat dan saling berbagi makanan.

7. Meski terkenal karena makanannya yang berupa darah segar dari hewan ternak, kelelawar vampir juga akan memangsa hewan kecil seperti burung.

8. Kelelawar vampir memiliki panjang sekitar 9 cm, sedangkan lebar sayapnya yaitu sekitar 18 cm.

9. Berat kelelawar vampir yaitu sekitar 25-40 gram (dan beratnya akan bertambah drastis setelah memakan darah).

10. Sebagian besar kelelawar hampir kehilangan kemampuan untuk melakukan manuver di darat, dan pengecualian untuk kelelawar vampir yang mampu melakukannya. Mereka dapat berlari dengan gaya berjalan yang unik.

Baca Juga: 23 Fakta Unik Sapi

11. Kelelawar vampir memiliki penglihatan yang baik, dan mampu menggunakan visi untuk orientasi pergerakan jangka panjang.

12. Kelelawar vampir biasanya akan bertengger dengan sekitar 45 spesies kelelawar lainnya, dan cenderung menjadi yang paling dominan.

13. Kelelawar vampir berburu di malam hari, dan menggunakan ekolokasi dan penciuman untuk mencari mangsa.

14. Anak kelelawar vampir yang masih muda biasanya akan bersama dengan induknya untuk berburu, sampai pada umur 9 bulan.

15. Kelelawar vampir memiliki masa gestasi sekitar 7 bulan, dan akan melahirkan satu ekor anak.

16. Perkawinan dari kelelawar vampir biasanya akan berlangsung sekitar 3-4 menit.

17. Pada saat menghisap darah dari mangsa, kelelawar vampir akan menangkis kelelawar lain yang mencoba bergabung, dan biasanya hanya akan berbagi dengan anaknya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »