22 Fakta Unik Marmut

Fakta unik tentang marmut

Marmut / Domestic Guinea Pig (Cavia porcellus)

Pernah memelihara marmut? Jika pernah, pasti Anda merasakan sendiri rasanya memelihara hewan yang super imut ini, dan merasakan kelembutan bulunya. Namun dibalik itu semua, ternyata marmut juga memiliki keunikan tersendiri.

1. Marmut diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas mamalia, ordo rodentia, famili caviidae, dan genus Cavia.

2. Status konservasi dari marmut adalah Domesticated atau telah didomestikasi.

3. Meski nama dalam bahasa inggrisnya ada kata "babi/pig", namun marmut bukan hewan yang berhubungan dekat dengan babi.

4. Dalam masyarakat barat, marmut telah dikenal sebagai hewan peliharaan rumah tangga.

5. Meski terlihat imut dan lucu, namun marmut juga merupakan makanan yang khas bagi penduduk di sekitar pegunungan Andes.

6. Marmut pertama yang berhasil didomestikasi hidup sekitar 5000 sebelum masehi, oleh orang dari suku-suku di wilayah Andes (Amerika Selatan).

7. Marmut umumnya memiliki berat sekitar 700-1.200 gram.

8. Panjang tubuh marmut dewasa yaitu 20-25 cm.

9. Marmut peliharaan biasanya memiliki masa hidup sekitar 5 tahun, dan dapat hidup hingga 8 tahun.

10. Marmut dapat mempelajari jalur rumit untuk mencari makanan, dan dapat secara akurat mengingat jalur yang telah dipelajari selama berbulan-bulan.

Baca Juga: 24 Fakta Unik Wildebeest Biru

11. Kadangkala marmut ikut berpartisipasi dalam perawatan sosial, seperti saling mempelai rambut satu sama lain.

12. Penglihatan marmut tidak sebagus manusia dalam hal jarak dan warna, tetapi marmut memiliki sudut pandang yang lebih luas (sekitar 340 derajat).

13. Marmut tidak dapat ditemukan secara alami di alam liar.

14. Marmut yang dipelihara biasanya dimasukkan dalam kandang, dan mungkin oleh beberapa pemiliki telah membuat ruangan khusus untuk marmut.

15. Memasukkan marmut kedalam kandang yang sama dengan hamster atau hewan pengerat lain, biasanya akan menimbulkan infeksi pada marmut.

16. Makanan utama dari marmut adalah rumput, mereka juga memiliki kolon yang lebih panjang dari kebanyakan hewan pengerat.

17. Seperti manusia, namun tidak seperti kebanyakan hewan mamalia lainnya. Marmut tidak dapat mensintesis vitamin C mereka sendiri, dan harus mendapatkan vitamin ini dari makanan (jika mereka tidak mendapatkan vitamin C dari makanan, maka akan terkena penyakit kudis dan berakibat fatal).

18. Marmut dapat mencapai kematangan seksual hanya dalam waktu 3-5 minggu.

19. Tidak seperti kebanyakan hewan pengerat yang melahirkan anak yang belum berkembang dengan baik (altrikal), marmut melahirkan anak yang sudah memiliki rambut, gigi, cakar, dan penglihatan.

20. Masa gestasi dari marmut betina yaitu sekitar 59-72 hari, dan akan melahirkan 3 sampai 6 anak.

Baca Juga: 20 Fakta Unik Musang Madu

21. Marmut juga mempraktekan perawatan alloparental, dimana seekor betina dapat mengadopsi anak marmut dari induk lainnya (perilaku ini juga terlihat pada banyak hewan seperti gajah).

22. Marmut jantan memiliki ukuran yang 30% lebih besar dari marmut betina.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »