23 Fakta Unik Berang-berang Sungai

Fakta unik tentang berang-berang sungai

Berang-berang Sungai Amerika Utara / North American River Otter (Lontra canadensis)

Kali ini kita akan membahas tentang berang-berang sungai Amerika Utara, namun karena spesies ini tidak ada di Indonesia, jadi nama Indonesianya adalah "berang-berang", dan padahal berang-berang ini (otter) berbeda dengan berang-berang (beaver).

1. Berang-berang sungai diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas mamalia, ordo carnivora, famili mustelidae, dan genus Lontra

2. Status konservasi dari berang-berang sungai adalah Least Concern atau paling tidak diperhatikan.

3. Selain memiliki nama "berang-berang sungai Amerika Utara", berang-berang ini juga dikenal sebagai berang-berang sungai utara, dan berang-berang umum.

4. Berang-berang sungai merupakan hewan endemik dari Amerika Utara.

5. Berang-berang sungai merupakan hewan semiakuatik, mereka dapat ditemukan di sepanjang sungai dan pantai di Amerika Utara.

6. Berang-berang sungai memiliki bulu yang tebal dan anti air, yang berfungsi untuk mempermudah dalam penyelaman.

7. Umumnya berang-berang sungai akan membuat liang (sarang) di sekitar sungai, sekitar danau, atau garis pantai.

8. Mangsa utama dan favorit dari berang-berang sungai adalah ikan, meskit terkadang mereka juga akan memangsa amfibi, kerang, siput, kura-kura, dan udang.

9. Ada sekitar 7 subspesies yang telah teridentifikasi dari berang-berang sungai.

10. Berang-berang sungai yang sudah dewasa dapat memiliki berat sekitar 5-11 kg.

Baca Juga: 19 Fakta Unik Monyet Pemakan Kepiting

11. Berang-berang sungai memiliki kumis dan tubuh yang panjang, yang memungkinkan mereka untuk mendeteksi mangsa di perairan gelap.

12. Tubuh berang-berang sungai memiliki panjang sekitar 66-107 cm.

13. Sedangkan ekor dari berang-berang sungai memiliki panjang yang sekitar sepertiga dari panjang totalnya, yaitu 30-50 cm.

14. Berbeda dengan berang-berang eropa. Berang-berang sungai memiliki leher yang lebih panjang, wajah yang lebih sempit, ruang yang lebih sempit di antara telinga, dan ekornya yang lebih pendek.

15. Salah satu bentuk adaptasi semiakuatik dari berang-berang sungai adalah berang-berang ini mampu menutup hidung dan telinganya, yang memungkinkan untuk menyelam dengan lebih efisien.

16. Spesies berang-berang sungai juga menunjukkan dimorfisme seksual, dengan pejantan yang memiliki ukuran 5% lebih besar dari betina.

17. Di alam liar, berang-berang sungai hanya mampu hidup hingga umur 8-9 tahun, sedangkan jika di penangkaran, berang-berang ini dapat hidup hingga umur 25 tahun.

18. Berang-berang sungai memiliki membran nictitating transparan, yang berfungsi untuk melindungi matanya ketika melakukan penyelaman.

19. Berang-berang sungai biasanya tinggal di daerah yang terdiri vegetasi, dan tumpukan batu karang.

20. Berang-berang sungai dapat menyelam hingga 4 menit, dan mampu menyelam hingga kedalaman 20 meter, dengan kecepatan berenang sekitar 11 km/jam.

Baca Juga: 20 Fakta Unik Anjing Padang Rumput

21. Berang-berang sungai biasanya berkembang biak dari bulan Desember sampai bulan April.

22. Masa gestasi dari berang-berang sungai adalah sekitar 61-63 hari. Karena berang-berang sungai melakukan penundaan implantasi (sekitar 8 bulan), jarak antara persetubuhan dan kelahiran dapat mencapai 10-12 bulan. Kemampuan ini tidak dimiliki oleh berang-berang Eropa.

23. Berang-berang sungai biasanya akan melahirkan satu sampai lima ekor anak, yang masing-masing memiliki berat sekitar lima ons.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »