Perbedaan Hewan Berkuku Ganjil dan Hewan Berkuku Genap

Perbedaan antara hewan berkuku ganjil dan hewan berkuku genap

Ada dua ordo dari kelas mamalia yang familiar bagi kita, yaitu ordo perissodactyla (hewan berkuku ganjil) dan artiodactyla (hewan berkuku genap). Keduanya merupakan kelompok hewan yang penting, yang biasanya dimanfaatkan oleh manusia. Entah itu untuk tenaga, daging, susu atau bahkan kulitnya. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan antara kedua ordo tersebut.

Perbandingan Taxonomi

Hewan Berkuku GanjilHewan Berkuku Genap
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Perissodactyla Artiodactyla

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Unta Arab dan Unta Baktrian

Jumlah Jari
Semua hewan berkuku ganjil memiliki kaki dengan jumlah jari yang ganjil, 1 pada kuda dan 3 pada tapir dan badak. Sedangkan hewan berkuku ganjil memiliki jari dengan jumlah yang genap (2).

Jari Untuk Menanggung Berat Badan
Hewan berkuku ganjil menanggung berat badannya pada jari ketiga. Sedangkan hewan berkuku genap menanggung berat badannya pada jari ketiga dan keempat.

Jumlah Spesies
Ada sekitar 17 spesies hewan berkuku ganjil yang masih ada (kuda, badak, dan tapir). Sedangkan hewan berkuku genap memiliki jumlah spesies yang jauh lebih banyak, yaitu sekitar 220 spesies (babi, kudanil, unta, kancil, rusa, jerapah, antelop, domba, kambing, dan sapi).

Hewan Terbesar
Hewan berkuku ganjil terbesar adalah badak putih. Sedangkan hewan berkuku genap terbesar adalah kudanil.

Tanduk dan Cula
Cula pada hewan berkuku ganjil (badak) terbuat dari keratin. Berbeda dengan tanduk hewan berkuku genap yang memiliki inti tulang.

Hewan Tertinggi
Peringkat hewan tertinggi di dunia dipegang oleh jerapah, yang merupakan hewan berkuku genap.

Fosil
Fosil tertua dari hewan berkuku ganjil adalah Hyracotherium, dan ada fosil Paraceratherium yang merupakan hewan mamalia terbesar di darat. Sedangkan fosil dari hewan berkuku genap, muncul sekitar 53 juta tahun yang lalu.

Fungsi Cula/Tanduk
Beberapa spesies hewan berkuku ganjil menggunakan culanya untuk bertarung, membela wilayah, dan untuk memperebutkan perempuan. Sedangkan tanduk pada hewan berkuku genap berfungsi untuk berpose, berkelahi, dan berjuang untuk mendapatkan hak kawin (tanduk pejantan biasanya lebih besar dari tanduk betina).

Pencernaan Makanan
Hewan berkuku ganjil mencerna makanan di usus mereka. Sedangkan kebanyakan hewan berkuku genap memiliki perut 4 bilik, dengan sistem pencernaan yang kompleks.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »