Perbedaan Monyet Rhesus dan Monyet Pemakan Kepiting

Perbedaan antara monyet rhesus dan monyet pemakan kepiting

Ada banyak sekali jenis monyet di dunia (kurang lebih sekitar 200 spesies), dan monyet yang paling familiar bagi kita adalah monyet yang seperti pada gambar di atas. Kita kurang tahu tentang monyet kapuchin, tamarin, atau yang lainnya karena mereka tidak berada di Indonesia. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang monyet rhesus dan monyet pemakan kepiting.

Perbandingan Taxonomi

Monyet RhesusMonyet Pemakan Kepiting
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Primata Primata
Familia Cercopithecidae Cercopithecidae
Genus Macaca Macaca
Spesies Macaca mulatta Macaca fascicularis

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Kudanil dan Kudanil Kerdil

Rentang Geografis
Monyet rhesus tersebar di India, Bangladesh, Burma, Thailand, Burma, Afganistan, Vietnam, Pakistan dan Cina Selatan. Sedangkan monyet pemakan kepiting hanya tersebar di negara-negara Asia Tenggara (termasuk Indonesia).

Peringkat
Monyet rhesus merupakan primata non-manusia yang memiliki rentang geografis terluas. Peringkat kedua disusul oleh monyet pemakan kepiting.

Panjang Ekor
Ekor dari monyet rhesus memiliki panjang sekitar 20,7-22,9 cm. Sedangkan monyet pemakan kepiting memiliki ekor yang lebih panjang, yaitu sekitar 40-65 cm.

Warna Tubuh
Umumnya monyet rhesus memiliki punggung dengan warna coklat atau abu-abu, dengan wajah yang berwarna merah muda. Sedangkan monyet pemakan kepiting umumnya memiliki punggung dengan warna coklat gelap, dan bagian perut berwarna abu-abu terang.

Panjang Tubuh
Monyet rhesus memiliki panjang sekitar 53 cm (diukur dari kepala sampai ke badan). Sedangkan panjang monyet pemakan kepiting hampir serupa, yaitu sekitar 38-55 cm.

Berat Tubuh
Monyet rhesus dapat memiliki berat sekitar 7,7 kg. Sedangkan monyet pemakan kepiting memiliki berat badan yang sedikit lebih tinggi, yaitu sekitar 3-9 kg (individu jantan).

Makanan Utama
Makanan utama dari monyet rhesus adalah buah, biji, akar, tunas, dan kulit kayu. Sedangkan monyet pemakan kepiting, selain terkenal sebagai pemakan kepiting, namun monyet pemakan kepiting juga akan memakan buah-buahan dan hewan.

Kelompok/Kawanan
Monyet rhesus biasanya akan membentuk kelompok dengan anggota sekitar 20-200 individu. Sedangkan monyet pemakan kepiting hanya membentuk kelompok sekitar 3-20 individu.

Keistimewaan
Januari, 2001, salah satu monyet rhesus yang bernama ANDi menjadi primata transgenik pertama, ANDi membawa gen asing yang berasal dari ubur-ubur. Sedangkan dua ekor monyet pemakan kepiting yang bernama Zhong Zhong dan Hua Hua menjadi primata pertama yang dikloning menggunakan metode transfer inti sel somatik.

Morfologi
Monyet rhesus memiliki wajah yang cenderung merah, sedangkan monyet pemakan kepiting memiliki wajah yang terkesan hitam.

Telinga
Telinga monyet rhesus terlihat lebih bulat, sedangkan monyet pemakan kepiting memiliki telinga yang lebih runcing.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »