Perbedaan Serigala Abu-abu dan Coyote

Perbedaan antara serigala abu-abu dan coyote

Jika kita nonton film dokumenter tentang hewan, pasti kita akan melihat hewan-hewan yang mirip satu sama lainnya, dan sebagai orang awam kita bingung membedakannya (wajar). Nah, dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan antara serigala abu-abu dan coyote.

Perbandingan Taxonomi

Serigala Abu-abuCoyote
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Carnivora Carnivora
Familia Canidae Canidae
Genus Canis Canis
Spesies Canis lupus Canis latrans

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Kudanil dan Kudanil Kerdil

Nama Lain
Serigala abu-abu juga dikenal sebagai serigala kayu atau serigala barat. Sedangkan sebutan lain untuk coyote adalah serigala Amerika (yang menjuluki dengan nama ini adalah para ahli zoologi).

Perbandingan Ukuran
Serigala abu-abu merupakan subspesies paling besar dari semua spesies canidae. Sedangkan ukuran coyote lebih kecil dari serigala abu-abu dan sedikit lebih kecil dari serigala timur dan serigala merah.

Berat Tubuh
Serigala abu-abu memiliki berat sekitar 43-45 kg (jantan) dan 36-38,5 kg (betina). Sedangkan coyote hanya memiliki berat sekitar 8-20 kg (jantan) dan 7-18 kg (betina).

Bulu/rambut
Serigala abu-abu memiliki bulu yang panjang dan lebat, yang sebagian besar didominasi dengan warna abu-abu. Lain halnya dengan coyote, yang memiliki bulu dengan warna abu-abu terang sampai merah.

Persebaran Geografis
Serigala abu-abu memiliki persebaran yang mencakup dunia lama (Eurasia) dan dunia baru (Amerika). Sedangkan coyote hanya tersebar di dunia baru (Amerika Utara).

Subspesies
Ada sekitar 38 subspesies dari serigala abu-abu yang telah diakui (termasuk subspesies C. l. familiaris, anjing domestik). Sedangkan pada tahun 2005, hanya ada sekitar 19 subspesies dari coyote yang telah diakui.

Perbandingan Morfologi
Meski coyote memiliki tubuh yang lebih kecil dari serigala abu-abu. Namun coyote memiliki telinga yang lebih panjang, moncong yang lebih tipis, dan tempurung otak yang relatif lebih besar secara proporsional.

Masa Gestasi
Serigala abu-abu memiliki masa gestasi sekitar 62-75 hari. Sedangkan coyote memiliki masa gestasi yang lebih pendek, yaitu 63 hari.

Makanan Utama
Serigala abu-abu biasanya akan memangsa ungulata yang besar (rusa, antelop), namun terkadang mereka juga akan memangsa hewan-hewan kecil seperti marmut, kelinci, dan tikus. Sedangkan mangsa utama dari coyote adalah rusa, kelinci, terwelu, hewan pengerat, burung, dan reptil.

Anak Yang Baru Lahir
Anak serigala abu-abu yang baru lahir memiliki berat sekitar 300-500 gram. Sedangkan anak dari coyote yang baru lahir memiliki berat yang hampir sama dengan serigala abu-abu, yaitu sekitar 200-500 gram.

Musuh Alami
Serigala abu-abu biasanya akan berselisih dengan beruang coklat, jika ada kesempatan, mereka akan membunuh anak satu sama lain. Sedangkan coyote memiliki ancaman dari predator lain, yang biasanya adalah puma dan serigala abu-abu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »