Perbedaan Tikus Hitam dan Tikus Coklat

Perbedaan antara tikus hitam dan tikus coklat

Tikus, hewan yang sering kita temui di lingkungan sekitar. Baik di rumah, maupun di sawah. Dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan antara tikus hitam dan tikus coklat. Keduanya memang terlihat mirip, tapi memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Perbandingan Taxonomi

Tikus HitamTikus Coklat
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Rodentia Rodentia
Familia Muridae Muridae
Genus Rattus Rattus
Spesies Rattus rattus Rattus norvegicus

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Badak Putih dan Badak India

Nama Lain
Nama lain dari tikus hitam adalah tikus kapal, tikus atap, dan tikus rumahan. Sedangkan nama lain dari tikus coklat adalah tikus biasa, tikus jalanan, tikus got, tikus hanover, tikus norwegia, tikus paris, tikus air dan tikus dermaga.

Panjang Tubuh
Tikus hitam yang sudah dewasa dapat memiliki panjang sekitar 15-22 cm. Sedangkan tikus coklat memiliki tubuh yang sedikit lebih panjang, yaitu sekitar 28 cm.

Berat Tubuh
Tikus hitam memiliki berat sekitar 75-230 gram (tergantung pada subspesiesnya). Sedangkan tikus coklat memiliki berat sekitar 140-500 gram.

Warna Tubuh
Umumnya tikus hitam memiliki warna hitam, namun ada juga yang berwarna coklat. Begitupun tikus coklat, tikus ini memiliki warna yang berkisar dari abu-abu sampai ke coklat.

Asal Daerah dan Penyebaran
Tikus hitam merupakan hewan yang berasal dari Asia Tenggara, namun sekarang sudah tersebar di banyak benua. Sedangkan tikus coklat berasal dari Cina bagian utara, sama seperti tikus hitam, tikus coklat juga tersebar di banyak benua (kecuali antartika) dan merupakan tikus yang dominan di benua Eropa dan Amerika Utara.

Kesuksesan Sebagai Spesies
Tikus hitam tersebar luas di banyak benua, namun tidak sesukses tikus coklat (yang merupakan mamalia tersukses di bumi setelah manusia).

Perbandingan Ukuran Tubuh
Tikus hitam memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada tikus coklat.

Telinga
Tikus hitam memiliki telinga yang lebih besar dibandingkan dengan tikus coklat.

Ekor
Tikus hitam memiliki ekor yang lebih panjang (secara proporsional) daripada tikus coklat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »