16 Fakta Unik Tentang Gajah Laut Selatan

Fakta unik tentang gajah laut selatan

  • Nama: Gajah Laut Selatan (Southern Elephant Seal)
  • Nama Ilmiah: Mirounga leonina
  • Eksis:
  • Status Konservasi: Least Concern / Paling tidak diperhatikan

Baca Juga: 18 Fakta Unik Tentang Merak India

Dari namanya saja sudah kelihatan, pasti hewan dengan ukuran yang besar. Nah, kali ini kita akan membahas tentang spesies gajah laut selatan. Salah satu spesies yang memiliki dimorfisme seksual tertinggi di kingdom animalia.

Fakta Unik:

  1. Gajah laut selatan diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas mamalia, ordo carnivora, klade pinnipedia, famili phocidae, dan genus Mirounga.
  2. Status konservasi gajah laut selatan adalah Least Concern atau paling tidak diperhatikan.
  3. Gajah laut selatan merupakan anggota terbesar dari klade pinnipedia dan ordo carnivora. Serta merupakan mamalia laut terbesar (non-cetacea).
  4. Seperti halnya gajah, gajah laut selatan juga mamiliki belalai yang berukuran besar, yang berfungsi untuk membuat raungan (terutama selama musim kawin).
  5. Jika dibandingkan, seekor gajah laut selatan memiliki bobot yang 40% lebih berat daripada gajah laut utara, dan dua kali lipat lebih berat dari walrus jantan. Serta memiliki bobot sekitar 6-7 kali lebih berat dari karnivora terestrial (beruang kutub dan beruang coklat).
  6. Dibandingkan dengan gajah laut utara, gajah laut selatan memiliki massa yang lebih besar dan belalai yang lebih pendek, pejantan juga tampak lebih tinggi saat berkelahi.
  7. Gajah laut selatan juga menunjukkan dimorfisme seksual yang cukup signifikan dari semua mamalia, dengan pejantan yang 5-6 kali lebih berat daripada betina.
  8. Gajah laut selatan betina memiliki berat sekitar 400-900 kg, sedangkan berat dari pejantan yaitu 2,200-4000 kg.
  9. Panjang gajah laut betina dapat mencapai sekitar 2,6-3 m. Sedangkan yang jantan memiliki ukuran yang lebih panjang, yaitu 4,2-5,8 m.
  10. Tahun 2005, total populasi gajah laut selatan diperkirakan mencapai sekitar 664.000-740.000 individu.
  11. Gajah laut selatan jantan yang dominan biasanya memiliki harem dengan sejumlah lusinan betina.
  12. Anak gajah laut selatan yang baru lahir memiliki berat sekitar 40 kg.
  13. Mangsa utama gajah laut selatan adalah cumi-cumi dan ikan.
  14. Gajah laut selatan biasanya akan menyelam sekitar 20 menit sekali, dan merupakan hewan mamalia non-cetacea yang melakukan penyelaman terdalam (kedalaman 2.133 m).
  15. Predator utama gajah laut biasanya adalah paus orca, macan tutul laut, dan hiu.
  16. Gajah laut selatan tidak memiliki sistem ekolokasi yang dimiliki cetacea, kemungkinan mereka menggunakan vivrissae (kumis) yang sensitif terhadap getaran, untuk mencari mangsa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »