18 Fakta Unik Serigala Emas Afrika

Fakta unik tentang serigala emas afrika

Serigala Emas Afrika / African Golden Wolf (Canis anthus)

Jika sebelumnya kita pernah membahas serigala emas Eurasia, kali ini kita akan membahas tentang serigala emas dari Afrika.

1. Serigala emas afrika diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas mamalia, ordo carnivora, famili canidae, dan genus Canis.

2. Status konservasi dari serigala emas afrika belum dievaluasi, dan tidak ada perkiraan populasi yang dapat diandalkan.

3. Serigala emas afrika merupakan spesies asli dari Afrika utara dan Afrika timur laut. Mereka tersebar di negara-negara seperti Senegal, Mesir, Maroko, Aljazair, Tunisia, Libya, Nigeria, dan Tanzania.

4. Mangsa dari serigala emas afrika adalah invertebrata dan mamalia yang umumnya sebesar rusa hutan.

5. Serigala emas afrika merupakan hewan monogami dan teritorial.

6. Serigala emas afrika memiliki berat sekitar 7-15 kg.

7. Tinggi serigala emas afrika dapat mencapai sekitar 40 cm (diukur dari bahu sampai ke bawah).

8. Serigala emas afrika memiliki moncong dan telinga yang relatif panjang.

9. Serigala emas afrika memiliki ekor yang relatif pendek, dengan panjang sekitar 20 cm.

10. Serigala emas afrika memiliki warna bulu yang bervariasi pada tiap individu, musim, dan letak geografis. Meski umumnya adalah warna oranye sampai abu-abu keperakan.

Baca Juga: 19 Fakta Unik Monyet Pemakan Kepiting

11. Meski terlihat mirip dengan serigala emas Eurasia, namun serigala emas Afrika memiliki moncong yang lebih sempit dan runcing, gigi yang lebih kuat, telinga yang lebih panjang, dan dahi yang lebih tinggi.

12. Kerabat terdekat serigala emas afrika adalah coyote, serigala himalaya, dan serigala abu-abu.

13. Ada sekitar 6 subspesies serigala emas afrika yang telah diakui.

14. Sarang serigala emas afrika biasanya terletak di liang bekas sarang aardvark.

15. Vokalisasi serigala emas Afrika mirip dengan anjing domestik, dengan tujuh suara berbeda yang telah direkam. Vokalisasinya meliputi: menggonggong, menggeram, dan merengek.

16. Tiap subspesies serigala emas afrika memiliki lolongan yang unik, dan dapat dibedakan satu sama lain berdasarkan lolongan tersebut.

17. Serigala emas afrika mendiami sejumlah habitat yang berbeda, di Aljazair mereka hidup di daerah Mediterania, pesisir dan perbukitan.

18. Kadangkala serigala emas afrika diikuti oleh hyena tutul pada saat musim gazelle melahirkan, karena serigala emas afrika terbukti efektif dalam melacak dan menangkap hewan muda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »