19 Fakta Unik Tentang Anjing Rakun

Fakta unik tentang anjing rakun

  • Nama: Anjing Rakun (Raccoon)
  • Nama Ilmiah: Nyctereutes procyonoides
  • Eksis:
  • Status Konservasi: Least Concern

Baca Juga: 20 Fakta Unik Tentang Macan Tutul Laut

Kali ini kita akan membahas tentang anjing rakun. Meski dinamakan anjing rakun, spesies ini bukan kerabat dekat rakun, namun lebih berkerabat dekat dengan anjing. Anjing rakun ini memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan spesies lain dari famili canidae.

Fakta Unik:

  1. Anjing rakun diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas mamalia, ordo carnivora, famili canidae, dan genus Nyctereutes.
  2. Status konservasi dari anjing rakun adalah Least Concern atau paling tidak diperhatikan.
  3. Di antara spesies canidae, anjing rakun berbagi kebiasaan memanjat pohon secara rutin hanya dengan rubah abu-abu Amerika Utara.
  4. Meski spesies ini memiliki nama "anjing rakun" dan memiliki wajah yang mirip dengan rakun. Namun anjing rakun lebih berkerabat dengan anjing.
  5. Panjang total dari anjing rakun dapat mencapai 45-71 cm, dengan panjang ekor sekitar 12-18 cm.
  6. Anjing rakun memiliki telinga bulat dan sedikit menonjol dari bulunya.
  7. Berat anjing rakun bervariasi antar musim. Pada bulan Maret, anjing rakun memiliki berat sekitar 3 kg. Sedangkan pada bulan Agustus hingga awal September, berat anjing rakun mencapai 6,5-7 kg.
  8. Di musim dingin, anjing rakun memiliki bulu yang lebat dengan panjang sekitar 120 mm, dan berwarna biru kehijauan atau kecoklatan. Sedangkan pada musim panas, anjing rakun memiliki bulu dengan warna lebih cernah dan coklat.
  9. Musim kawin dari anjing rakun berlangsung pada awal bulan Februari hingga akhir bulan April. Senggama akan terjadi selama malam atau fajar, dan akan berlangsung sekitar 6-9 menit.
  10. Masa gestasi dari anjing rakun berlangsung sekitar 61-70 hari. Anjing rakun akan melahirkan pada bulan April-Mei, dengan jumlah anak yang dilahirkan sekitar 6-16 ekor.
  11. Pejantan dari anjing rakun juga ikut terlibat dalam membesarkan anak-anak.
  12. Anak anjing rakun yang baru lahir memiliki berat sekitar 60-110 gram, dengan mata tertutup, bulu yang pendek dan padat. Mereka akan membuka matanya pada usia 9-10 hari, gigi mereka muncul pada hari usia 14-16 hari.
  13. Anjing rakun mencapai kematangan seksual pada usia 8-10 bulan.
  14. Di alam liar, anjing rakun memiliki umur sekitar 6-7 tahun. Sedangkan di penangkaran, anjing liar dapat hidup hingga 11 tahun.
  15. Anjing rakun merupakan satu-satunya canid yang diketahui mampu melakukan hibernasi.
  16. Anjing rakun merupakan hewan omnivora, mereka biasanya akan memakan serangga, hewan pengerat, amfibi, burung, ikan, reptil, moluska, dan serangga.
  17. Anjing rakun di Jepang dapat menghasilkan suara yang lebih keras dibandingkan dengan anjing domestik, dan terdengar mirip suara kucing.
  18. Pada tahun 2005, ada sekitar 5 subspesies dari anjing rakun yang telah diakui.
  19. Predator alami dari anjing rakun adalah serigala dan rubah merah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »