20 Fakta Unik Berang-berang Raksasa

Fakta unik tentang berang-berang raksasa

Berang-berang Raksasa / Giant Otter (Pteronura brasiliensis)

Kali ini kita akan membahas tentang berang-berang raksasa. Berang-berang yang akan kita bahas merupakan salah satu spesies dari mustelid, jadi berang-berang (otter) ini berbeda dengan berang-berang (beaver) dari ordo rodentia.

1. Berang-berang raksasa diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas mamalia, ordo carnivora, famili mustelidae, dan genus Pteronura.

2. Status konservasi dari berang-berang raksasa adalah Endangered atau terancam punah.

3. Berang-berang raksasa merupakan spesies karnivora asli dari benua Amerika Selatan.

4. Berang-berang raksasa jantan memiliki panjang sekitar 1,7 meter dan yang betina memiliki panjang 1-1,5 meter. Menjadikannya sebagai mustelid terpanjang yang masih hidup.

5. Berang-berang raksasa merupakan hewan sosial, biasanya mereka ditemukan dalam sebuah kelompok yang terdiri dari 3-8 individu.

6. Meski terkenal damai, namun berang-berang raksasa merupakan hewan teritorial dan agresi telah diamati terjadi antar kelompok.

7. Berang-berang raksasa merupakan hewan diurnal (aktif di siang hari) dan merupakan spesies berang-berang yang paling berisik.

8. Berang-berang raksasa menunjukkan berbagai adaptasi yang sesuai dengan gaya hidup amfibi. Contohnya adalah bulu yang sangat lebat, ekor yang seperti sayap, kaki berselaput.

9. Mangsa berang-berang raksasa hampir sepenuhnya adalah ikan. Namun terkadang berang-berang raksasa juga akan memakan kepiting, kura-kura, ular dan caiman kecil.

10. Hanya ada dua subspesies berang-berang raksasa yang sekarang telah diakui.

Baca Juga: 22 Fakta Unik Tupai Abu-abu

11. Berang-berang raksasa jantan memiliki berat sekitar 26-32 kg (jantan) dan 22-26 kg (betina).

12. Berang-berang raksasa memiliki bulu terpendek dari semua spesies berang-berang, dengan warna coklat sampai coklat kekuningan.

13. Berang-berang raksasa memiliki kumis yang sensitif, yang memungkinkan berang-berang raksasa untuk melacak perubahan tekanan air dan mendeteksi mangsa.

14. Berang-berang raksasa memiliki telinga dan hidung yang dapat ditutup ketika digunakan untuk menyelam.

15. Sebuah analisis yang diterbitkan pada tahun 2014 mengatalogkan 22 vokalisasi yang berbeda pada berang-berang raksasa dewasa dan 11 vokalisasi berbeda pada berang-berang muda.

16. Masa gestasi berang-berang raksasa berlangsung sekitar 65-70 hari, dan akan melahirkan satu sampai lima ekor anak berang-berang raksasa.

17. Pejantan dan saudara kandung yang lebih tua juga aktif berpartisipasi dalam membesarkan anak-anak.

18. Di penangkaran, berang-berang raksasa dapat hidup hingga umur 17 tahun, sedangkan di alam liar hanya dapat hidup hingga umur 8 tahun.

19. Berang-berang raksasa dewasa yang hidup dalam kelompok, biasanya tidak memiliki predator alami yang serius.

20. Di sepanjang persebarannya, berang-berang raksasa juga berinteraksi dengan kelompok pribumi, yang sering melakukan perburuan dan penangkapan ikan secara tradisional.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »