20 Fakta Unik Tentang Serangga

Fakta unik tentang serangga

  • Nama: Serangga (Insect)
  • Nama Ilmiah: Class Insecta
  • Eksis: Awal Devonian - Sekarang
  • Status Konservasi:

Baca Juga: 18 Fakta Unik Tentang Merak India

Hewan apa yang sering Anda lihat? Pasti jawabannya adalah serangga. Mulai dari nyamuk, lalat, semut, rayap, kumbang, lembah, dan kupu-kupu. Semua hewan tersebut selalu kita lihat di kehidupan sehari-hari. Bahkan seringkali serangga juga mengganggu kehidupan manusia, seperti saat kita sedang berkendara atau pada saat menikmati hari-hari yang santai.

Fakta Unik:

  1. Serangga diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum euarthropoda, klade pancrustacea, dan subfilum hexapoda.
  2. Serangga merupakan kelompok terbesar dalam filum arthropoda.
  3. Serangga memiliki eksoskeleton yang terbuat dari kitin. Tubuh serangga terdiri dari tiga bagian, yaitu kepala, dada dan perut.
  4. Ciri khas serangga adalah memiliki tiga pasang kaki bersendi, mata majemuk, dan sepasang antena.
  5. Serangga merupakan kelompok hewan yang paling beragam, serangga mencakup lebih dari satu juta spesies (setengah dari semua hewan yang telah diketahui).
  6. Jumlah spesies serangga yang masih hidup diperkirakan mencapai sekitar enam sampai sepuluh juta spesies.
  7. Karena memungkinkan untuk bergerak cepat dan stabil, serangga menggunakan gaya berjalan di mana mereka berjalan dengan kaki menyentuh tanah dalam segitiga bergantian, terdiri dari depan dan belakang pada satu sisi dengan sisi tengah di sisi yang lain.
  8. Serangga merupakan satu-satunya kelompok dari invertebrata yang mampu terbang.
  9. Kebanyakan spesies serangga merupakan hewan soliter, namun ada yang menjadi hewan eusosial seperti lebah, semut dan rayap.
  10. Sekitar 80% dari negara-negara di dunia telah menjadikan beberapa spesies serangga sebagai makanan.
  11. Kerabat terdekat serangga dari semua arthropoda adalah crustacea.
  12. Fosil serangga tertua adalah Rhyniognatha hirsti, yang berasal dari zaman devon sekitar 396 juta tahun yang lalu.
  13. Kemunculan tiap kelompok serangga juga berbeda-beda, kumbang muncul sekitar 300 juta tahun yang lalu, lalat muncul sekitar 250 juta tahun yang lalu, ngengat dan tawon muncul sekitar 150 juta tahun lalu.
  14. Sistem saraf serangga dapat dibagi menjadi otak dan tali saraf ventral.
  15. Serangga betina mampu memproduksi telur, menerima sperma, menyimpan sperma, memanipulasi sperma dari pejantan yang berbeda, dan bertelur.
  16. Respirasi serangga dilakukan tanpa paru-paru. Sebaliknya, sistem pernapasan serangga menggunakan sistem tabung internal dan kantung melalui gas yang berdifusi atau dipompa secara aktif, memberikan oksigen langsung ke jaringan yang membutuhkannya melalui trakea.
  17. Pada sebagian besar serangga, udara diambil melalui celah di sisi perut dan toraks yang disebut spirakel.
  18. Beberapa serangga juga mampu melakukan parthenogenesis, suatu proses dimana betina dapat bereproduksi dan melahirkan tanpa dibuahi oleh pejantan.
  19. Banyak serangga yang memiliki organ yang sangat sensitif dan terspesialisasi, beberapa serangga seperti lebah dapat merasakan panjang gelombang ultraviolet. Antena ngengat jantan dapat mendeteksi feromon ngengat betina dari jarak beberapa kilometer.
  20. Lalat buah (salah satu spesies serangga) menjadi Drosophila melanogaster juga dijadikan sebagai organisme model untuk penelitian biologi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »