Mungkin Inilah Dunia Tanpa Evolusi

Mungkin inilah dunia tanpa evolusi

Sejauh yang kita tahu dan pahami, keanekaragaman makhluk hidup merupakan hasil dari proses evolusi selama ratusan juta tahun. Proses evolusi ini bisa dibuktikan melalui semua hal yang berkaitan dengan makhluk hidup, seperti catatan fosil, perbandingan anatomi (taksonomi, struktur vestigial, embriologi), biogeografi, biologi molekuler, dan seleksi buatan.

Namun ada pertanyaan yang cukup menarik, yaitu "Apa jadinya jika proses evolusi itu tidak ada?" Apakah keanekaragaman makhluk hidup bisa muncul di bumi? Tentu, kemungkinan besar adalah tidak, jika tidak ada proses evolusi (Apa Itu Evolusi?), maka bumi hanya didominasi oleh replikator sederhana (atau sesuatu yang sederhana, yang hanya bisa muncul melalui proses abiogenesis).

Mari kita berandai-andai, seandainya saja proses evolusi itu hanya sebatas proses imajinatif yang tidak pernah dibuktikan dan hanya sebuah hipotesis yang tidak pernah diuji.

Mari kita simak, hal apa saja yang mungkin terjadi di dunia tanpa evolusi.

1. Tidak Ada Spesies

Di dunia tanpa evolusi, kemungkinan besar tidak akan ada spesies. Dunia akan dipenuhi oleh makhluk hidup yang benar-benar berbeda satu sama lainnya. Kita tidak akan mungkin menemui hewan yang mirip, seperti spesies simpanse (Pan troglodytes) dan Bonobo (Pan paniscus). makhluk hidup yang ada kemungkinan bisa diklasifikasikan kedalam sistem klasifikasi yang sederhana. Kita hanya akan menggunakan kata "semut" untuk menyebut semut, tentu saja tidak ada semut hitam atau semut kecil, apalagi menemukan banyak spesies semut.

2. Tidak Ada Kawin Silang

Pernah melihat anak dari entok dan itik? Atau anak dari kuda dan keledai? Di dunia tanpa evolusi kemungkinan tidak ada kawin silang. Hal ini jelas, karena semua makhluk hidup benar-benar berbeda satu sama lainnya. Atau mungkin akan ada hewan aneh hasil dari persilang dari dua hewan yang berbeda?

3. Ada Hewan Seperti Pegasus

Pegasus? Ya, jika di dunia nyata kita tidak mungkin menemui hewan-hewan seperti pegasus karena tidak logis dari sudut pandang evolusioner. Maka di dunia tanpa evolusi kemungkinan akan ada hewan-hewan seperti pegasus, phoenix, dan kuda bertanduk, dengan semua keajaibannya seperti di film-film. Seaneh-anehnya hewan di dunia nyata, masih bisa dijelaskan menggunakan penjelasan yang ada, yang tidak berkontradiksi dengan penjelasan lainnya.

4. Tidak Ada Keturunan dari negara tertentu

Di dunia nyata, kita bisa menebak seseorang berasal dari negara mana hanya dengan melihat wajahnya. Hal ini konsisten dengan proses evolusi dan berlaku sama dengan makhluk hidup lain. Namun, di dunia tanpa evolusi, kemungkinan kita tidak bisa menebak seseorang berasal dari negara mana berdasarkan wajahnya. Kenapa? Karena tidak ada mutasi, tidak ada yang menyebabkan variasi. Tentu saja wajah Anda akan terlahir ganteng atau jelek (yang mungkin jika ada) secara acak, benar-benar acak. Tidak ada perbedaan yang signifikan, bahkan sekecil apapun dari dua orang yang berasal dari benua yang berbeda.

5. Tidak Ada Cacat Bawaan Atau Penyakit Genetis

Jika di dunia nyata, cacat dan penyakit genetis merupakan hal yang wajar, karena ada proses mutasi. Namun di dunia tanpa evolusi, kemungkinan tidak ada penyakit genetis seperti buta warna dan hemofilia. Seandainya ada kecacatan, ya karena faktor gizi atau masalah pada masa kehamilan.

6. Ada Banyak Hal-hal Yang Ajaib

Sesuatu yang kompleks, biasanya muncul melalui sesuatu yang lebih sederhana. Seperti manusia dewasa yang tumbuh dan berkembang dari sel zigot. Teknologi modern yang disempurnakan secara bertahap dari teknologi sebelumnya. Keunikan tiap makhluk hidup yang didasarkan pada struktur leluhurnya. Nah, jika di dunia tersebut memiliki proses yang ajaib yang bisa membuat berbagai makhluk hidup tanpa proses evolusi, kemungkinan besar dunia tersebut memiliki keajaiban lainnya.

Jika Anda ingin mencari gambaran yang tepat tentang dunia yang saya maksud. Silahkan Anda menonton film apapun yang bergenre fiksi. Di film tersebut tidak ada aturan-aturan logis yang harus terpenuhi, karena fungsi film memang untuk membuat kita bahagia. Fungsi film adalah membuat sesuatu yang mungkin mustahil di dunia nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »