Perbedaan Kucing Ocelot dan Kucing Serval

Perbedaan antara kucing ocelot dan kucing serval

Kali ini kita akan membahas perbedaan antara kucing ocelot dan kucing serval. Aslinya, kedua kucing ini memiliki nama yang tidak ada embel-embel "kucing/cat"nya tapi ini untuk memperjelas (serval dan ocelot, itu nama yang asing, karena keduanya memang tidak ada di Indonesia).

Perbandingan Taxonomi

Kucing OcelotKucing Serval
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Carnivora Carnivora
Familia Felidae Felidae
Genus Leopardus Leptailurus
Spesies L. pardalis L. serval

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Monyet Rhesus dan Monyet Pemakan Kepiting

Persebaran Geografis
Kucing ocelot dapat ditemukan di Amerika Serikat bagian barat daya, Amerika Tengah, Meksiko, dan sebagian besar benua Amerika Selatan. Sedangkan kucing serval memiliki persebaran geografis ayng mencakup sebagian besar benua Afrika (mereka tersebar di Afrika Utara dan negara-negara sub Sahara).

Subspesies
Pada tahun 2017, hanya ada 2 subspesies dari kucing ocelot yang telah diakui. Sedangkan kucing serval memiliki jumlah spesies yang lebih banyak, yaitu 3 subspesies.

Kerabat Terdekat
Kerabat terdekat dari kucing ocelot adalah kucing margay. Sedangkan kerabat terdekat dari kucing serval adalah kucing karakal dan kucing emas Afrika.

Telinga
Kucing ocelot memiliki telinga yang berbentuk bulat, dan terdapat bercak putih terang di bagian belakang telinganya. Sedangkan telinga dari kucing serval memiliki eyespot berwarna putih di bagian belakangnya.

Panjang Tubuh
Kucing ocelot merupakan kucing dengan ukuran yang menengah, panjangnya dapat mencapai 55-100 cm (kepala-badan). Sedangkan kucing serval memiliki panjang sekitar 67-100 cm (kepala-badan).

Panjang Ekor
Ekor kucing ocelot memiliki panjang sekitar 25,5-41 cm. Sedangkan kucing serval hanya memiliki ekor dengan panjang sekitar 30 cm.

Berat
Kucing ocelot yang sudah dewasa memiliki berat sekitar 7-15,5 kg (jantan) dan 6,6-11,3 kg (betina). Sedangkan kucing serval memiliki berat sekitar 9-18 kg.

Aktivitas
Kucing ocelot merupakan hewan soliter (menyendiri) dan cenderung nokturnal (aktif di malam hari). Sedangkan kucing serval merupakan hewan yang aktif, baik di siang maupun malam hari, dan sama seperti kucing ocelot, mereka juga nokturnal.

Mangsa Utama
Mangsa utama dari kucing ocelot adalah armadillo, oposum, kelinci, ikan dan reptil. Sedangkan mangsa utama dari kucing serval adalah burung, mamalia kecil, dan reptil.

Masa Gestasi
Masa gestasi dari kucing ocelot berlangsung sekitar 79-83 hari, dan akan melahirkan sekitar satu sampai tiga ekor anak. Sedangkan masa gestasi dari kucing serval yaitu 2-3 bulan, dan akan melahirkan 1-4 ekor anak.

Anak Yang Baru Lahir
Anak kucing ocelot yang baru lahir memiliki berat sekitar 200-340 gram. Sedangkan anak kucing serval yang baru lahir memiliki berat sekitar 250 gram.

Kaki
Kaki kucing ocelot terlihat pendek jika dibandingkan dengan kucing serval. Kucing serval sendiri merupakan kucing dengan kaki terpanjang relatif terhadap ukuran tubuhnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »