Perbedaan Rubah Merah dan Rubah Arktik

Perbedaan antara rubah merah dan rubah arktik

Ada banyak spesies rubah di dunia. Salah satu spesies yang terkenal adalah rubah merah, dan yang kedua adalah rubah arktik. Keduanya memiliki kemiripan yang sulit dibedakan satu sama lain, namun ada karakteristik khas yang dimiliki oleh masing-masing spesies tersebut seperti berikut.

Perbandingan Taxonomi

Rubah MerahRubah Arktik
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Carnivora Carnivora
Familia Canidae Canidae
Genus Vulpes Vulpes
Spesies V. vulpes V. lagopus

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Kudanil dan Kudanil Kerdil

Persebaran Geografis
Rubah merah dapat ditemukan di seluruh belah bumi utara dan lingkar Arktik sampai Afrika Utara, Amerika Utara, dan Eurasia. Hal ini berbanding terbalik dengan rubah artik yang hanya ditemukan di sebagian besar wilayah Arktik.

Warna
Terlepas dari namanya, rubah merah kadang memiliki warna hitam dan putih. Sedangkan rubah artik juga tidak selamanya berwarna putih (pada musim panas, rubah arktik mengganti bulunya dengan warna coklat gelap).

Subspesies
Rubah merah memiliki 45 subspesies yang telah diakui, sedangkan rubah arktik hanya memiliki sekitar 4 subspesies.

Makanan Utama
Makanan utama dari rubah merah adalah hewan pengerat kecil, kelinci, reptil kecil, dan ungulata. Sedangkan makanan utama dari rubah arktik adalah berbagai hewan yang berukuran kecil seperti anjing laut cincin, ikan, unggas air, dan burung laut.

Musuh Alami
Meski rubah merah kadang membunuh predator yang lebih kecil, namun rubah merah juga rentan terhadap serangan predator besar seperti serigala, coyote, dan serigala emas. Sedangkan predator alami dari rubah arktik adalah rubah merah, elang emas, serigala, wolverin, dan beruang coklat.

Karakteristik
Rubah merah memiliki tubuh yang memanjang dengan anggota badan yang relatif pendek. Sedangkan rubah arktik memiliki telapak kaki yang ditutupi bulu, suatu karakteristik yang tidak dimiliki oleh canid lainnya.

Panjang Tubuh
Rubah merah memiliki panjang sekitar 30-55,5 cm. Sedangkan rubah arktik memiliki tubuh yang lebih panjang, yaitu sekitar 46-68 cm.

Berat
Rubah merah memiliki berat sekitar 2,2-14 kg. Sedangkan rubah arktik hanya memiliki berat sekitar 2,9-3,5 kg.

Rentang Usia
Di penangkaran, rubah merah dapat hidup hingga umur 15 tahun, namun jika di alam liar, mereka hanya hidup kurang dari 5 tahun. Sedangkan rubah arktik yang hidup di alam liar hanya dapat bertahan hingga umur 3-4 tahun.

Tinggi
Rubah merah memiliki tinggi sekitar 35-50 cm. Sedangkan rubah arktik hanya memiliki tinggi sekitar 25-30 cm.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »