Perbedaan Antara Rubah Merah dan Rubah Fenek

Perbedaan antara rubah merah dan rubah fenek

Ada banyak spesies rubah, namun yang paling terkenal pasti adalah rubah merah. Nah, kali ini kita akan membandingkan antara rubah merah dan rubah fenek, rubah yang terkenal karena telinganya yang sangat panjang dan besar (untuk seukuran rubah). Kalau dilihat secara sekilas, pasti mudah untuk membedakan antara keduanya, namun kita lihat perbedaan antara keduanya yang lebih spesifik.

Perbandingan Taxonomi

Rubah MerahRubah Fenek
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Carnivora Carnivora
Familia Canidae Canidae
Genus Vulpes Vulpes
Spesies V. vulpes V. zerda

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Unta Arab dan Unta Baktrian

Ukuran
Jika rubah merah adalah spesies rubah terbesar. Maka rubah fenek adalah kebalikannya, yaitu spesies rubah yang terkecil.

Persebaran Geografis
Rubah merah dapat ditemukan di seluruh belahan bumi utara dari lingkar Arktik sampai Afrika Utara, Amerika Utara dan Eurasia. Sedangkan rubah fenek hanya dapat ditemukan di Sahara (Afrika Utara), Semenanjung Sinai, Israel dan gurun Arab.

Keunikan Diantara Rubah
Diantara rubah lainnya, rubah merah mewakili bentuk yang lebih karnivora. Sedangkan keunikan dari rubah fenek dibandingkan dengan rubah lainnya adalah bahwa rubah fenek tidak memiliki kelenjar musk.

Sifat Sosial
Keduanya merupakan hewan sosial, rubah merah kadang ditemukan dalam sebuah kelompok yang terdiri dari pasangan dan anak-anaknya. Sedangkan rubah fenek ternyata lebih sosial, karena mereka biasanya membentuk sebuah kawanan dan mencari makanan bersama.

Mangsa Utama
Mangsa utama dari rubah merah adalah hewan pengerat kecil, kelinci, reptil kecil dan ungulata muda. Sedangkan mangsa utama dari rubah fenek adalah mamalia kecil, serangga, dan burung.

Predator/Musuh Alami
Meski rubah merah terkadang mampu membunuh predator yang lebih kecil, namun rubah merah juga mendapatkan ancaman dari predasi serigala, coyote, dan serigala emas. Sedangkan predator alami dari rubah fenek adalah burung elang, anjing hutan, dan mamalia karnivora lainnya.

Ciri Fisik
Rubah merah memiliki tubuh yang memanjang dengan anggota badan yang relatif pendek. Sedangkan ciri fisik yang khas dari rubah fenek adalah telinganya yang besar, yang juga berfungsi untuk mengeluarkan panas.

Panjang Tubuh
Rubah merah yang sudah dewasa dapat memiliki panjang sekitar 30-55,5 cm. Sedangkan panjang rubah fenek hanya sekitar 24-41 cm.

Tinggi
Rubah merah memiliki tinggi sekitar 35-50 cm (diukur dari bahu). Sedangkan rubah fenek memiliki tinggi badan yang lebih pendek yaitu sekitar 20,3 cm.

Berat
Rubah merah yang sudah dewasa dapat memiliki berat sekitar 2,2-14 kg (betina, 20% lebih ringan dari pejantan). Sedangkan rubah fenek memiliki berat yang jauh lebih ringan, yaitu sekitar 0,7-1,6 kg.

Masa Hidup
Di penangkaran, rubah merah dapat hidup hingga umur 15 tahun (5 tahun jika di alam liar). Di lingkungan yang sama (penangkaran) rubah fenek dapat hidup hingga umur 14 tahun, hampir menyamai umur rubah merah.

Panjang Telinga
Panjang telinga rubah merah yaitu sekitar 7,7-12,5 cm. Sedangkan rubah fenek memiliki telinga yang lebih panjang yaitu sekitar 10-15 cm.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »