Perbedaan Antara Macan Dahan dan Kucing Ocelot

Perbedaan macan dahan dan kucing ocelot

Kali ini kita akan membahas perbedaan antara macan dahan dan kucing ocelot. Kalau kita lihat sekilas antara keduanya, pasti kita hanya akan menemui sedikit perbedaan, dan keduanya terlihat mirip karena memiliki corak di tubuhnya yang hampir sama.

Perbandingan Taxonomi
Macan DahanKucing Ocelot
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Carnivora Carnivora
Familia Felidae Felidae
Genus Neofelis Leopardus
Spesies N. nebulosa L. pardalis
Perbedaan
Baca Juga: Perbedaan Antara Tikus Hitam dan Tikus Coklat
  1. Status Konservasi
    Status konservasi dari kucing dahan adalah Vulnerable atau rentan. Sedangkan status konservasi dari kucing ocelot adalah Least Concern atau paling tidak diperhatikan.
  2. Persebaran
    Macan dahan merupakan spesies kucing yang berasal dari pegunungan Himalaya, sekarang mereka tersebar di beberapa negara Asia Tenggara dan Cina. Sedangkan kucing ocelot merupkan kucing yang berasal dari benua Amerika, mereka tersebar di Amerika Serikat bagian barat daya, Meksiko, Amerika Tengah, dan sebagian besar Amerika Selatan.
  3. Total Populasi
    Diperkirakan total populasi dari macan dahan di seluruh persebarannya tidak lebih dari 10.000 individu. Sedangkan total populasi dari kucing ocelot mencapai sekitar 40.000 individu.
  4. Kerabat Dekat
    Kerabat terdekat macan dahan adalah macan dahan sunda, lalu disusul dengan panthera. Sedangkan kerabat terdekat dari kucing ocelot adalah kucing margay.
  5. Bobot Tubuh
    Macan dahan memiliki berat sekitar 11,5-23 kg. Sedangkan kucing ocelot memiliki berat yang sedikit lebih ringan, yaitu sekitar 7-15,5 kg.
  6. Panjang
    Macan dahan memiliki panjang (kepala-badan) sekitar 68,6-94 cm. Sedangkan panjang dari kucing ocelot yaitu sekitar 55-100 cm.
  7. Ekor
    Macan dahan memiliki ekor dengan pola warna yang khas, dengan panjang sekitar 61-82 cm. Sedangkan ekor kucing ocelot hanya memiliki panjang sekitar 25,5-41 cm.
  8. Mangsa Utama
    Mangsa utama dari macan dahan biasanya adalah monyet selatan, babi rusa, kukang, landak, trenggiling, dan tupai. Sedangkan mangsa utama dari kucing ocelot adalah armadillo, oposum, hewan pengerat, kelinci, ikan dan reptil.
  9. Masa Gestasi
    Masa gestasi dari macan dahan berlangsung sekitar 93 hari, dan akan melahirkan satu sampai lima ekor anak. Sedangkan masa gestasi dari kucing ocelot berlangsung sekitar 79-83 hari, dan akan melahirkan sekitar satu sampai tiga ekor anak.
  10. Anak
    Anak macan dahan yang baru lahir memiliki berat sekitar 140-280 gram, dan akan membuka matanya pada usia 10 hari. Sedangkan anak kucing ocelot yang baru lahir memiliki berat sekitar 200-340 gram, dan akan membuka matanya pada usia 15-18 hari.
  11. Masa Hidup di Penangkaran
    Di penangkaran, macan dahan dapat hidup hingga umur 11 tahun. Sedangkan kucing ocelot dapat hidup hingga usia 20 tahun.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »