Perbedaan Antara Macan Tutul Laut dan Gajah Laut Selatan

Perbedaan antara macan tutul laut dan gajah laut selatan

Kali ini kita akan membahas perbedaan antara dua spesies anjing laut yang hidup di bumi bagian selatan (tepatnya, di sekitar benua Antartika). Anjing laut yang akan kita bahas adalah macan tutul laut (Leopard Seal) dan gajah laut selatan (Southern Elephant Seal).

Perbandingan Taxonomi

Macan Tutul LautGajah Laut Selatan
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Carnivora Carnivora
Familia Phocidae Phocidae
Genus Hydrurga Mirounga
Spesies H. leptonyx M. leonina

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Badak Putih dan Badak Hitam

Ukuran
Macan tutul laut merupakan anjing laut terbesar kedua. Sedangkan gajah laut selatan merupakan anjing laut dan karnivora terbesar, sekaligus mamalia laut terbesar (non-cetacea).

Makanan
Mangsa utama dari macan tutul laut adalah cephalopoda, pinnip (anjing laut lain), burung dan ikan. Sedangkan mangsa utama dari gajah laut selatan adalah cumi-cumi dan ikan.

Kerabat Terdekat
Kerabat terdekat macan tutul laut adalah anjing laut ross, anjing laut pemakan kepiting, dan anjing laut weddel. Sedangkan kerabat terdekat dari gajah laut selatan adalah gajah laut utara.

Bentuk Tubuh
Dibandingkan dengan anjing laut lainnya, macan tutul laut memiliki bentuk tubuh yang lebih panjang dan berotot. Sedangkan gajah laut selatan memiliki bentuk tubuh yang besar (tidak ramping).

Bentuk Kepala
Macan tutul laut memiliki kepala, rahang, dan mulut yang relatif besar terhadap ukuran tubuh mereka, hal ini yang menjadikan macan tutul laut sebagai predator teratas (setelah paus orca). Sedangkan gajah laut selatan memiliki kepala dengan belalai yang berukuran besar, yang memungkinkan untuk berkelahi antar pejantan.

Warna
Macan tutul laut memiliki tubuh dengan warna hitam, abu-abu dan putih, ditambah pola tutul di tubuhnya. Sedangkan gajah laut selatan memiliki tubuh dengan warna abu-abu tanpa pola.

Panjang Tubuh
Macan tutul laut memiliki panjang sekitar 2,4-3,5 m. Sedangkan gajah laut selatan (pejantan) memiliki panjang sekitar 4,2-5,8 m.

Bobot
Bobot macan tutul laut dewasa dapat mencapai sekitar 200-600 kg. Sedangkan gajah laut selatan memiliki bobot sekitar 2,200-4000 kg.

Dimorfisme Seksual
Macan tutul laut betina memiliki bobot yang sedikit lebih berat dari pejantan. Sedangkan gajah laut memiliki dimorfisme seksual yang cukup tinggi, pejantan gajah laut selatan memiliki tubuh yang 5-6 kali lebih berat dari betina (dimorfisme yang cukup signifikan dari semua mamalia).

Total Populasi
Diperkirakan, total populasi dari macan tutul laut mencapai sekitar 220.000-440.000 individu. Sedangkan total populasi dari gajah laut selatan (tahun 2005) yaitu sekitar 664.000-740.000 individu.

Kawin
Macan tutul laut jantan biasanya akan kawin dengan beberapa betina selama musim kawin. Sedangkan gajah laut selatan mempraktikan harem yang lebih signifikan, yaitu dengan satu pejantan yang memiliki lusinan betina.

Anak
Macan tutul laut yang baru lahir memiliki berat sekitar 66 kg. Sedangkan gajah laut selatan yang baru lahir memiliki berat yang lebih ringan, yaitu sekitar 40 kg.

Predator
Predator utama dari macan tutul laut adalah paus orca. Sedangkan predator dari gajah laut selatan adalah macan tutul laut, hiu, dan paus orca.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »