Perbedaan Antara Rakun dan Anjing Rakun

Perbedaan antara rakun dan anjing rakun

Rakun, hewan yang terkenal karena memiliki wajah yang mirip "pencuri" dengan warna hitam di sekitar mata ini ternyata juga memiliki kembaran. Kembarannya adalah anjing rakun, keduanya memiliki wajah yang hampir mirip. Lalu, apa perbedaan antara keduanya? Simak berikut ini.

Perbandingan Taxonomi

RakunAnjing Rakun
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Carnivora Carnivora
Familia Procyonidae Canidae
Genus Procyon Nyctereutes
Spesies P. lotor N. procyonoides

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Hewan Berkuku Ganjil dan Hewan Berkuku Genap

Persebaran
Rakun merupakan hewan mamalia yang berasal dari Amerika Utara, dan sekarang juga tersebar di Eropa dan Jepang. Sedangkan anjing rakun merupakan hewan mamalia yang berasal dari Asia Timur, dan sekarang mereka juga tersebar di beberapa negara di Eropa.

Panjang Tubuh
Rakun memiliki panjang sekitar 40-70 cm (diukur dai kepala sampai badan). Sedangkan anjing rakun memiliki tubuh yang lebih pendek, yaitu sekitar 33-53 cm.

Bobot
Rakun dewasa dapat memiliki bobot sekitar 5-26 kg. Sedangkan anjing rakun memiliki bobot sekitar 3-7 kg.

Warna Bulu
Rakun memiliki bulu yang berwarna abu-abu dan hitam. Sedangkan anjing rakun memiliki bulu yang berbeda pada tiap musimnya, di musim dingin, anjing rakun memiliki bulu lebat dengan warna biru kehijauan dan kecoklatan dan di musim panas, anjing rakun memiliki bulu dengan warna yang lebih cerah dan coklat.

Masa Gestasi
Masa gestasi dari rakun berlangsung sekitar 65 hari, dan akan melahirkan sebanyak 2-5 ekor anak. Sedangkan masa gestasi dari anjing rakun berlangsung sekitar 61-70 hari, dan akan melahirkan sebanyak 6-16 ekor anak.

Rentang Hidup
Rakun memiliki rentang hidup sekitar 20 tahun (di penangkaran) dan 1,8-3,1 tahun (di alam liar). Sedangkan rentang hidup dari anjing rakun yaitu sekitar 11 tahun (di penangkaran) dan 6-7 tahun (di alam liar).

Subspesies
Ada sekitar 22 subspesies dari rakun yang telah diakui. Sedangkan anjing rakun memiliki sekitar 5 subspesies yang telah diakui.

Anak
Anak rakun yang baru lahir memiliki berat sekitar 60-70 gram, dengan panjang sekitar 10 cm. Sedangkan anak anjing rakun yang baru lahir memiliki berat sekitar 60-110 gram.

Ekor
Ekor rakun memiliki panjang sekitar 20-40 cm dengan lingkaran-lingkaran berwarna hitam. Sedangkan ekor anjing rakun memiliki panjang sekitar 12-18 cm, dengan warna yang mulus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »